Laman

Senin, 30 Desember 2013

Praktek Kerja Industri Part I

Yuhuuuu I’m here guys. Gimana postingan gue yang sebelumnya ? ngebosenin ? Emang itu kali ciri khas gue *nunjukin muka bangga*. Kalian suka ? Oke untuk pertanyaan barusan gue harus egois dengan mengwajibkan kalian suka sama tulisan gue, oke bukan tulisan tapi ketikan._. Hari ini gue hadir lagi dengan wajah yang yaaaah cukup menawan. Dan yang akan gue bahas di postingan gue yang satu ini adalah MAGANG. Oke untuk kalian anak-anak magang diseluruh penjuru kota, tanah air dan dunia mungkin itu cukup membosankan. Nah buat kalian aja bosen gimana gue ? (Oke ini amat sangat membosankan).

Disini gue bakal nyeritain hari-hari gue di dunia magang. Cieelah lagak gue songong amat ye._. Gue bingung harus mulai dari mana (Lalu buat apa nulis beginian-_-). Kemudian dari kebosanan yang amat sangat terasa menyengat ini akhirnya gue merasa terdesak untuk melakukan hal-hal diluar penalaran untuk membangun sebuah tembok pertahanan yang mampu menampung isi dari otak gue yang udah hampir meluber dari tempatnya semula. Kata-kata gue berat kan guys ? sepertinya sebentar lagi otak gue mesti diet dari hal-hal yang terasa penat ini. Semua terlalu menyesakkan, gue sendiri sampe hampir ngebenturin kepala gue ke jidat temen tapi untungnya gue sayang sama jidat temen gue ya akhirnya gue mengurungkan niat gue yang mulia itu (?)
Jadi cerita ini berawal dari hari pertama gue magang guys (tsssiiinggg *soungefect). Hari itu hari senin (iyalah, nenek-nenek ngesot juga tau). Dan hari itu adalah hari dimana penderitaan gue bersama salah satu temen gue merasakan penderitaan yang amat sangat teramat mendalam. Jadi sebelumnya kita sudah melamar untuk magang disini selama sebulan dan gue diterima :’). Akhirnya senin itu gue dan temen gue dengan polosnya dateng ke tempat ini (gue nggak mau nyebut nama perusahaannya). Awalnya kita disambut sama bapak-bapak yang belakangan gue tau kalo itu ternyata pemilik perusahaan. Setelah itu kita berdua dipersilahkan masuk. Awalnya kita ngisi formulir untuk peserta PKL. Kemudian setelah itu kita hanya berdiam diri sibuk dengan urusan masing-masing. Sampai akhirnya gue ngerasa hawa kurang enak menghampiri bulu ketek nenek gue (oke alurnya jauh), bulu kuduk maksudnya. Dan ternyata hawa kurang enak itu berasal dari seorang cowok, yang datang menghampiri 2 orang cewek nan anggun ini. Kemudian dia memperkenalkan diri sebagai tutor gue. Oke awalnya kita masih biasa-biasa aja. Sampai kita dikasi modul tentang apa-apa aja materi yang bakal kita pelajari selama satu bulan kedepan dan kejutannya adalah gue dapet materi kelas XII padahal gue masih setingkat dibawahnya (read : kelas XI). Awalnya gue masih adem ayem aja, kemudian sang tutor ngasi mandate ke gue untuk nyiapin presentasi yang sewaktu-waktu dia akan minta kita untuk ngejelasin materi-materi itu. Widih ancemannya sukses bikin gue jumpalitan man._.
Setelah ngejelasin materi-materi pembelajaran, kita ditinggalin gitu aja. Sampai sore gue dikacangin sama itu tutor. Pas jam istirahat aja nih hampir-hampir gue sama temen gue nggak makan kalau bukan kita yang inisiatif buat member makan peliharaan dalem perut (read : cacing-cacing di perut). Kemudian kita balik lagi ke dunia garing kita, emang sih awalnya kita sibuk nyari materi masing-masing bahkan sampai materi gue udah semacam tumpukan sampah di TPA pun kita masih sibuk ngorek-ngorek informasi tentang materi-materi terkutuk itu. Sampai tiba waktunya jam pulang. Tapi karyawan-karyawan disini belum ada yang pulang jadi kita rada gimana gitu dong buat pulang. Yaudah akhirnya ada satu karyawan pulang dan kita memberanikan diri untuk kabur dari tempat ini. Oke hari pertama stuck sampai disitu.
Day 2. Kalau di hari pertama gue sempet disamperin sama tutor, untuk hari kedua ini gue sedikit lebih entah mau dibilang beruntung atau enggak, yang jelas dari pagi jam setengah 9 sampai jam 6 sore gue nggak pernah ditengokin sedikitpun sama sang tutor. Gilak ini ngeselin coy -_- gue lagi-lagi hampir nggak istirahat. Mungkin ini karna kita masih sungkan sama orang-orang disini jadi ya kita ngikutin gimana mereka. Gue mah cuek buka twitter atau baca ff (fan fiction). Nah kalo temen gue nggak tau mau ngapain dari awal dia bolak-balik facebook twitter untuk sekedar menghilangkan kebosanan tapi ya ujung-ujungnya mentok di kata bosen juga sih._.
Hari selanjutnya kita dapet ramah tamah dari salah satu pegawai disini, tapi gue nggak mau nyebut nama. Kakak ini ramah banget sama kita beda banget tuh sama si tutor yang lupa muridnya-_- Kakak yang satu ini selalu bialng “Sorry” kalau misalnya dia ngerasa ngeganggu kita padahal kitanya sih fine-fine aja. Kakak ini bertugas untuk mempresentasikan hal-hal yag berkaitan dengan perusahaan. Mulai dari sejarah, para karyawa, juga tata letak ruangan di tempat ini. Gue ajak keliling buat ngeliat tempat-tempat yang ada disini dan kakak ini juga membimbing gue dan temen gue buat kenalan sama karyawan-karyawan lain yang kerja disini. Dia juga bilang kalau orang-orang disini memang suka keasikan sendiri sama program-program mereka. Apalagi kalau lagi ada job penting mereka bahkan sering lupa untuk sekedar ke toilet doang. Nah jadi si kakak yang ganteng nan baik ini ngasi tau kita kalau disini memang seperti ini. Jadi ya kita urus diri masing-masing, kalau mau makan ya makan kalau mau ke toilet yak e toilet dan kalo mau pulang ya pulang. Apalagi kita tenaga training jadi dia tau kalo kita masih sungkan, jadi dia yang sedikit mencairkan suasana.
Hari berikutnya kembali ke hari-hari awal, membosankan. Tapi hari itu tutor gue dateng lagi dan disana dia nanya sudah sejauh mata materi yang kita pelajarin. Setelah dia ngeliat kita langsung dikasi tambahan materi lagi (sumpah ini ngeselin banget). Kemudian dia pergi lagi. betapa nyebelinnya dia selang beberapa hari setelah itu gue dikasi materi tambahan lagi dan begitu terus selama satu minggu pertama gue Magang-_-
Kemudian di awal minggu kedua gue nanya nih sama dia, kapan kira-kira kita presentasi karena di modul jadwal yang dia kasi harusnya gue sama temen gue presentasi hari ini. Tapi setelah gue nanya dia cuma bilang “ Oh untuk presentasi nanti tanggal 27 aja ya kakak liat”. Males banget kan ? tapi yaudin (yaudah) gue nggak mau ambil pusing, gue mah penurut jadi ya ikut aja apa kata dia._. hari demi hari terus berjalan dan gue lalui itu dengan keteguhan hari yang teramat sangat mendalah. Gue berusaha untuk tetep magang disini dan kuat menghadapi cobaan terberat ditempat ini, yaitu dikacangin para karyawan (karyawan disini gue rasa individual banget karna dari 9 jam di kantor gue rasa mereka bicara nggak lebih dari 30 menit dan itu garing banget). Dan sehari sebelum jadwal presentasi gue akhirnya gue sama temen gue ini sudah mencapai batas maksimal tingkat kebosanan gue._. akhirnya kita memutuskan untuk nonton film bareng, awalnya kita nonton film action yang entah dari korea, jepang atau Taiwan tapi yang jelas itu cukup menguras bak mandi (eh keringat & konsentrasi gue). Kemudian kita berlanjut nonton film perancis yang berhubungan dengan bebauan (parfum or anything). Dan yak pas kita lagi asik nonton tiba-tiba tutor gue dateng (jengjengjengjeng ~ sound effect). Kemudian seperti rutinitas awalnya yaitu nongol dan berkicau “Sudah sampai mana materinya ?” atau dia cuma ngoceh gini “Sudah?” tapi itu horror banget-_- akhirnya dengan gelagapan kita bilang kalau semua materi sudah siap dipresentasikan dan yak bener aja kita presentasi hari itu langsung. Dan setelah mempersiapkan diri akhirnya gue memutuskan untuk tampil duluan diatas catwalk (re:presentasi). Sebelumnya gue udah memprediksi beberapa pertanyaan-pertanyaan sulit yang bakal dia tanya dan gue sudah memperhitungkan setiap detail dari masalah-masalah di makalah gue (eleh). Dan ternyata setelah gue ngomong panjang lebar dengan segudang materi, gue cuma disuruh cara mempraktekkan penggabungan 2 tabel berbeda dari 1 database yang sama (untuk yang nggak ngerti anggap ini omong kosong).  Udah cuma itu pertanyaan dari dia dan yak gue merasa ditipu mateng-mateng-.- Gilak aje gue udah nyiapin segudang materi dengan catetan yang sudah hampir menyetarai novel Twilight (oke ini terlalu hiperbolis). Dan gue cuma ditanya itu ? itu ? itu ? Pengen rasanya gue lemparin charger laptop gue ke matanya itu tapi untung gue sayang sama barang-barang gue jadi gue cuma bisa ngeliat dia dengan tatapan nanar u.u
Kemudian setelah gue dan temen gue presentasi akhirnya kita dikasi aplikasi yang jadi tranding topic selama ini. Akhirnya dengan seksama gue install itu aplikasi. Sembari menunggu waktu pulang akhirnya gue sama temen gue mutusin untuk lanjut nonton film Perancis tadi hingga usai dan setelah itu kita pulang (Bodo amat sama instalan yang penting besok gue magang lagi -_-). Hari berikutnya seperti biasa sekitar jam 10 (temen gue ternyata memperhatikan jam dimana biasanya jam-jam segini tutor gue nongol dan itu memang bener). Jam 10 dia datang dan bertanya “Instalnya sudah ?” kita bilang aja sudah. Dan ada satu masalah yang gue kurang tau pemecahannya dan itu udah gue cari caranya sampe ngubek-ubek google tapi belum gue temuin misterinya. Akhirnya gue nyerah dan nanya kea bang tutor eh ternyata dengan enteng dia bilang “ oh untuk itu memang nggak ada, kan saya bilang cuma ini jadi yg tadi itu nggak perlu. Gilak, itu kekampretan kesekian yang gue tau dari orang tersebut hanya dalam beberapa hari gue kenal dia. Akhirnya kita dikasi contoh program dan sekarang gue disuruh ngebikinin database untuk program yang sudah ada kemudian nyambungin database itu ke program tersebut. Yak untuk ke sekian ribu kali gue bingung mikirin cara nyelesaiin masalahnya. Akhirnya gue beraniin diri untuk nanya dan dia selalu ngejawab pertanyaan gue dengan enteng begitu terus sampai gue enek banget sama gayanya. Untung aja gue sabar kalo nggak udah gue timpukin tuh orang -_-.
Dan setelah penginstalan serta pembuatan database dia ngejlasin sedikit program yang dia buat sebagai contoh untuk kita. Dan itu jauh lebih nyebelin dari sebelumnya. Cara ngejelasinnya express banget man, dan yang terlintas di otak gue adalah dia meng-klik program itu dengan ngawur karna dari kaca mata pengamatan gue dia buka ini klik sono buka itu klik sini siapa yang nggak bingung-_- Gue nggak sempet merhatiin detailnya tapi dia udah pindah page aja jadi ya gini besoknya gue disuruh debug aja nggak tau mesti mengklik yang mana. Yaudah sih semua gue ikutin aja gatau deh kedepannya gimana tapi sedikit-sedikit gue ngerti lah maksudnya (sedikit aja lo ya ogah gue ngerti banyak-banyak dari dia) J

Oke guys cerita gue buntu sampai disini, gue masih punya 2 minggu lagi untuk dihabiskan bersama kakak tutor gue nan unyu itu -_- akhirnya gue tutup cerita ini dengan HAPPY NEW YEAR everybody^^ Gue sih berharapnya di tahun 2014 ini kakak tutor gue nggak nyebelin lagi dan yang gak kalah penting gue berharap tahun 2014 gue bisa ikut study tour dengan biaya yang diturunkan dari biaya yang sebelumnya. TERIMAKASIH GUYS sudah berkunjung, tunggu cerita gue berikutnya yaaaaaa *tebar senyum*.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar