Laman

Rabu, 25 Desember 2013

Organisasi Siswa Intra Sekolah

Hello guys, apa kabar ? Postingan terakhir gue gimana ? Garing ? Gue rasa gue udah ketularan Agnes yang apa-apa selalu garing :v  Oke kali ini gue bakal nge post tentang kegiatan gue khususnya tentang OSIS. Kalian tau OSIS kan ? OSIS lo ya bukan sosis J Disini gue bakal certain waktu awal pertama gue masuk osis sampe sekarang ini (udah hampir 2 tahun).
Sejak gue SMP dulu gue udah ikut organisasi OSIS cuma ya gitu waktu smp kan masih masa labil jadi ya nggak ngerti-ngerti banget. Kalo di SMK sekarang ini entah kenapa gue tertarik lagi untuk inkut organisasi ini. Orang tua gue sih mendukung-mendukung aja asal gue bisa ngebagi waktu.

Cerita gue berawal saat gue mendaftar buat jadi calon pengurus osis, awalnya di kelas gue yang mendaftar buat jadi pengurus osis itu ada 11 orang tapi seiring berjalannya waktu *ciah* jumlahnya menyusut jadi tinggal 5 orang sekarang ini. Di awal-awal itu ada yang namanya seleksi buat jadi pasukan 17 –Pasukan pengibar bendera 17 Agustus- kebetulan dulu waktu SMP gue ikut ekstra Paskib jadi ya gue punya lah dasar-dasar PBB (WARNING : Peraturan Baris Berbaris not Perserikatan Bangsa Bangsa). Dan waktu smp juga gue sempet ikut lomba PBB biarpun cuma sekali, tapi lumayan namba pengalaman. Dari saat itu gue ketunjuk sebagai salah satu dari 6 orang yang kepilih untuk jadi pasukan pengibar bendera. Kalian tau rasanya ? itu bener-bener bangga banget. Entah kenapa gue ini penggemar banget pasukan pengibar bendera, apalagi pasukan pengibar bendera pusaka di istana Negara.
Kemudian dari sana juga gue terus ikut yang namanya seleksi pengurus OSIS. Awalnya diangkatan gue ada lebih dari 80 orang yang mendaftar tapi berhubung seleksinya membutuhkan waktu berbulan-bulan, angkatan gue banyak yang mundur dan banyak yang ngilang gitu aja. Setelah upacara 17 Agustus berlalu gue kepilih buat jadi calon anggota pengurus Inti. Awalnya gue nggak nyangka, dan nggak tau kenapa bisa kepilih. Mungkin karna gue rajin dateng kali yah. Dan setelah melalui beberapa tahap gue akhirnya kepilih buat jadi Wakil Sekretaris 1 OSIS sekolah gue. Awalnya gue kaget, emang sih gue pengen jadi sekretaris tapi beneran deh gue sama sekali nggak ada pengalaman di bidan sekretaris. Gue nggak tau tugas-tugasnya atau apapun itu tetek bengeknya. Terus gue juga awalnya nggak punya temen di casis (calon osis) kecuali temen-temen di kelas (itupun masih belum deket karna baru masuk kelas X). dan setelah kepilih gue tambah bingung karna temen-temen angkatan gue yang jadi pengurus inti nggak ada satupun yang gue kenal.
Lambat laun gue mulai beradaptasi dan alhasil gue deket banget sama temen-temen di osis, juga kakak-kakak senior gue. Dari dulu gue pengen banget punya kakak. Gue beranggapan kakak bisa jadi temen curhat gue, jadi sahabat gue dan bisa ngasi tau gue kalo gue ada salah (maklum gue anak pertama). OSIS itu udah jadi keluarga gue. Untuk di awal gue masih bisa santai tapi setelah jalan beberapa bulan gue mulai ngerasain gimana yang namanya berorganisasi. Organisasi itu bukan gimana cara kita nunjukin skill individual tapi organisasi itu gimana cara kita ngadepin semuanya bareng-bareng dan nyelesaiin bareng-bareng. Nggak boleh ada yang namanya egois atau apa. Tapi itu sulit banget ya dihindari, namanya juga manusia pasti ada rasa egoisnya.
Gue belajar banyak hal dari sini, gue jadi punya banyak kakak, gue jadi punya banyak temen, gue juga punya pengalaman baru dan gue juga bisa kenal banyak karakter dari ikut organisasi ini. Pernah nih gue kena demprat dari kakak kelas (oke bukan pernah tapi sering). Pertama, pernah gue nggak bisa hadir di kegiatan karna orang tua gue lagi pulang kampung dan gue harus jaga adik dirumah alhasil kakak Sekretaris umum marah sama gue –biarpun lewat sms- dan itu sukses bikin gue nangis habis-habisan. Mungkin gue ini termasuk tipe yang cengeng but gue rasa itu wajar, karna gue cewek. Kedua, gue sempet kena demprat lagi karna ada yang ngerasa kalo gue nggak ngabsenin mereka pas kegiatan (karna tugas gue berkutan sama absensi). Tapi memang itu yang ada dan gue nggak pernah ngada-ngada soal absen. Ketiga, gue sering kena demprat Pembina (guru killer) karna banyak alasan, kalian tau sendiri kan kalo kerja sama orang yang sudah tua itu gimana, ribet bangeeeettttt. Keempat, ini nih yang paling nyess banget di hati. Gue pernah dibilang SEKRETARIS NGGAK BECUS sama kakak ketua gue. Entahlah waktu itu gue nangis berat. Disatu sisi gue sadar kalo gue emang sering salah, teledor, ceroboh atau apalah itu. Tapi disisi lain gue ngerasa nggak seharusnya disalahin karna emang bener gue nggak tau kalau ada surat masuk dan surat itu disimpen dengan manis di laci meja sekretaris.
Tapi biarpun gitu gue tetep bertahan. Ada banyak hal yang bikin gue seneng sama kegiatan-kegiatan osis di skolah gue. Biarpun gue sering harus ngelanggar peraturan orang tua yang ngelarang gue pulang malem, tapi gue rela melanggar demi ikut kegiatan osis. Ada banyak kegiatan yang bikin gue nggak bisa lupa dan selalu bikin gue kangen sama anak-anak osis.
Pertama PORSENIJAR. Porsenijar ini kegiatan rutin tahunan yang diadain di kota gue. Porsenijar ini pertandingan & perlombaan bidang olahraga & seni. Kegiatan ini berlangsung seminggu tapi kenangannya sejuta. Dari kegiatan ini gue mulai bener-bener ngerasain organisasi karna ini kegiatan besar pertama kita. Di awal gue harus nyiapin dispen baik buat pengurus osis ataupun altlet/artis sekolah gue. Kemudian gue juga harus bantu kakak sekre umum untuk ngurus surat-surat atau segala macamnya, dibantu Wakil Sekretaris 2 juga. Selain itu di minggu-minggu kegiatan ini juga gue harus ngabisin banyak uang karna gue selalu nggak bisa nahan naluri untuk beli makanan/minuman pas kegiatan udah selesai, alhasil ya setelah kegiatan ini selsai gue bokek habis-habisan *Oke ini derita gue*. Tapi setelah kegiatan ini selesai ada yang namanya acara OSIS AWARD. Kegiatan ini kita lakuin malem di rumah kakak ketua osis. Hihi gue ngelanggar aturan orang tua lagi. dan kalian tau gue menang nominasi OSIS TERRAJIN wkwkwkwk. Gue nggak tau siapa pencetus idenya tapi ya memang gue yang menang~ Oke ceritanya putus sampe disana._.
Kegiatan kedua, Gebyar Kebangkitan Budaya. Kegiatan ini berlangsung satu malam dan itu sukses menguras tenaga gue dan temen-temen juga kakak-kakak. Persiapan kita sudah dimulai beberapa hari sebelumnya tapi tetep aja kita rada kewalahan. Gue belum cerita ya ini kegiatan apa ? oke gue kasi tau. Ini semacam kegiatan pasar malam dimana yang dipasarin itu makanan/ apalah yang berbau tradisional. Sekolah-sekolah wajibmendirikan stand yang menjual kuliner or something kedaerahan. Dan nggak diduga ternyata stand sekolah gue rame cuy. Tapi unyunya stand gue bukan rame di bagian depan tapi di bagian belakang (?) *siapa yg nanyak coba*. Kalian mau tau ? oke gue kasi tau. Jadi itu stand rame dibelakang karna kita ngadain bazzar dan anak-anak sekolah wajib belu bazzar jadi ya gitu stand diserang anak-anak satu sekolah buat ambil bazzar bukan ngerubungin ratu sejagat kayak gue *ambil kantong plastik*. Kegiatan ini berlangsung sampai jam 11.30 pm dan pas gue pulang kerumah ternyata orang tua dan adik gue nggak lagi dirumah serta rumah dalam keadaan terkunci. Jad deh gue yang melongo densiri bengong di pinggir jalan kayak anak ayam dikasi daging-_-
Ketiga kegiatan MOS. Kegiatan ini nih yang berlangsung paling lama. Sebulan. Hihi jangan kaget itu juga termasuk keigatan latihan kepemimpinan, MOS-nya doang sih seminggu. Disini kita digembleng sama senior untuk bisa menjadi pemimpin *cieelah* buat anak-anak siswa baru. Ada tes fisik, mental, kejujuran dan juga tes urin *DITIMPUK*, oke tanpa tes urin. Setelah dilatih sebulan akhirnya masa MOS tiba. Selama MOS pengurus osis wajib kumpul disekolah jam 5 pagi! You know ? jam 5 subuh. Oke biasa aja. Kita kumpul jam segitu untuk persiapan kemudian kegiatan mos baru dimulai jam 6. Di hari pertama kita ada pembagian jaket dan hari itu juga gue dikerjain senior yang katanya jaket atas nama gue dan beberapa orang nggak ada. Gue sih diem aja tapi ada salah satu senior yang nangis, iyalah nggak rela kali udah berjaung sedemikian tapi jaket dibilangnya kagak ada. Terus juga gue dan temen-temen di pengurus inti junior sempet dikerjain dengan pemasangan topi berupa plastik dikepala masing-masing. Awalnya gue ngira plastic itu pembungkusnya topi tapi setelah buka mata *tadinya tutup mata* ternyata itu tas kresek merah-_-. Oke kegiatan mos berlangsung lancer dengan sejuta kebersamaan dan semilyar kenangan *elah jomblo banget bahasanya*.
Kegiatan berikutnya HUT sekolah. Di kegiatan ini gue udah jadi casis lagi. untuk kedua kalinya. Dan saat itu udah ada casis baru dari kelas X *gue udah kelas XI*. Disini peran gue masih sama, sekretaris. Gue ngurus surat-surat dan tetek bengeknya. Pas kegiatan ini gue sibuk banget *sok sibuk*. Banyak hal yang harus di urus nggak cuma ke siswa tapi juga ke Pembina. Tapi semuanya berjalan lancar. Di kegiatan ini juga gue sempet makai yang namanya HT (gue nggak tau apa kepanjangannya). Kalian tau kenapa gue seneng bisa makai HT ? itu karna menurut gue orang yang megang HT itu gagah. Entah itu teori gue dapet dari mana tapi gue ngeliatnya gitu. Orang yg megang HT itu keren, gagah, ada wibawanya. Dan seketika itu gue merasa jadi cewek gagah ala pengawal pribadi kepresidenan wkwkwkwk.
Selanjutnya itu ada pelantikan. Di pelantikan ini ada perasaan sedih yang gue rasain. Sedih ? iya sedih. Itu karna artinya gue harus pisah sama kakak kakak senior yang udah setaun ini gue ajak kerja bareng. Gue udah anggep mereka seperti kakak sendiri. Kakak yang ada pas gue pengen curhat, kakak yg selalu ngajarin gue kalo gue nggak tau tentang suatu hal and etc. biarpun gue ada keluarga baru yaitu adik adik kelas gue tapi rasanya ada yang hilang. Nggak ada lagi kakak kakak yang nyemangatin gue kalo gue ngerasa lemah, nggak ada lagi yang ngajarin gue kalo gue nggak tau tentang suatu hal, nggak ada lagi yang marah-marah ke gue kalo gue salah dan nggak ada lagi yang gue panggil ‘kakak’ pas kegiatan. Itu cukup sesek buat dijalanin. Tapi ya gimana, kan siklusnya memang gitu. Pelantikan berjalan dua hari satu malam. Dan itu berjalan lancar. Sekarang disinilah gue, berdiri bersama adik-adik kelas gue yang bakal gue ajak kerja bareng satu tahun kedepan.
Buat kakak kakak makasi sudah membimbing saya sampai saya seperti sekarang. Saya minta maaf kalau sering membuat kakak kecewa, kesel, marah atau papapun itu. Makasih kakak-kakak sudah mengajarkan banyak hal kepada saya. Saya sayang kakak-kakak semua. Kak dwipa, kak hendra, kak prana, kak hari, kak okta, kak mardi, kak eka, kak senja, kak yuliana, kak jacky, kak gusti, kak angga, kak tia, kak mika, kak hafez, kak Martha, kak renaldi, kak dicky, kak raka, kak Diana, kak endi, kak juli, kak gus eka, kak agung, kak krisnayana, kak fina, kak yuni, kak pipin, kak yoga, kak radit. Makasi banyak kak untuk semuanya. Jangan lupa ya sama saya, I love you kakak-kakak ♥ Terimakasih juga sudah percaya sama saya. Saya sayang banget sama kakak-kakak semuanyaaaa♥♥♥♥♥♥

Oke kawan-kawan maaf kalau ceritanya rada ngelindur, gue hanya mengikuti naluri gue untuk menulis cerita, nggak lebih. Makasi karna sudah berkunjung dan jangan bosan y abaca cerita gue yang sedikit garing ini hihi J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar