Laman

Sabtu, 22 Desember 2012

Part 3



Hai-hai cerita masa SMP gue berlanjut nih. Jangan bilang elo semua pada nungguin ? Gue belum jadi artis sih, tapi gapapa kok kalo kalian bersedia jadi fans gue :D Jadi apa itu benar ? hmm, gue rasa kalian pas ngebaca ini bakal serentak teriak sehisteris mungkin bilang NGGAK!!! Oke lupakan :’)
Jadi di sini nih gue bingung mau nyeritain apaan #loh. Okedeh, disini nih gue bakal menceritakan kehidupan SMP gue diluar yang namanya cinta-cintaan ya. Itu gue simpen buat bagian akhir, biar kalian penasaran ceritanya :P oke sekarang gue tanya kalian mau gue nyeritain apaan ? ada yang punya ide ? atau jangan-jangan kalian bosen liatin cerita gue ? Eh jangan dong, gue masih pengen berkarya nih *alah lagaknyeeeee-.-* jadi gini deh, gue bakal nyertain tentang temen-temen gue. Hampir mirip sih sama bagian 1 tapi ini lebih menyeluruh. Kalo bagian 1 mah gue cuma nyeritain temen-temen cewek doang. Nah disini gue bakal nyeritain tentang sahabat-sahabat gue nggak cuma cewek, tapi cowok juga. Oke awalnya gue memang rada kurang deket sama cowok-cowok. Tapi setelah gue memasuki kelas 8 semester 2 gue mulai deket sama mereka. Bukan deket gimana sih, kita tuh sering main bareng trus juga kadang curhat bareng. Selain masalah kebersamaan nih, disini gue juga bakal mengulas beberapa kejadian-kejadian semasa SMP yang berkesan yang akan kita kupas setajam silet! *korban gossip*

Oke dimulai dari kejadian lucu waktu gue kelas 7. Jadi gini, pagi itu gue lagi asik-asiknya ngobrol sama temen-temen. Hari itu hari Sabtu (kalo nggak salah) gue pake pakaian olahraga. Oke bagian itu kayaknya nggak perlu gue jelasin yaaa-.- Pas itu tuh temen-temen lagi asik sama urusan masing-masing termasuk salah satu temen gue yang namanya Fajar Pradnyana. Dia tuh jaman itu lagi seru-serunya ngikutin gaya permainan apalah itu namanya. Yang jelas itu permainan tuh permainan game online. Sampe tiba-tiba semua bergetar. Gue sama temen-temen gue tuh ngiranya tembok rada getar gara-gara ya si Fajar itu. Tapi setelah beberapa detik berlalu dan kita liat Fajar lagi dudukm manis, kita baru sadar kalo saat itu gempa. Sumpah, itu tuh unik banget. Awalnya diem saling celingak-celinguk, namun beberapa detik kemudian kita semua pada serentak teriak geeemmmppaaaaaaa!!! Uh asli, itu histeris banget gempa tuh lagi keras-kerasnya. Kabel listrik yang nyambung ke perpustakaan tuh pada bergoyang-.- Itu bikin kita semua panik, akhirnya kita pada berhamburan keluar. Mana kelas gue di lantai 2 pula. Baru nyampe bawah eh ternyata gempanya selesai. Nyebelin yaaa-_- Di bawah tu, yang kita obrolin tuh si Fajar. Beneran deh, gue kira itu Fajar, soalnya sebelumnya Fajar tu autis banget-.- Buat Fajar, elu yang sabar ya gue katain :p
Hmm, seinget gue cuma itu kejadian menarik di kelas 7. Selebihnya itu adalah rutinitas gue, dan gue nggak mau ngasi tau kalian. Capek kali ngetik rutinitas-.- jadi gue lanjut langsung ke kelas 8. Nah di kelas 8 ini nih kita mulai deket banget itu sejak semester 2. Dari kelas 7 sih deket tapi kelas 8 makin deket lagi. Nah waktu kelas 8 nih tempat duduk murid tuh cewek-cowok. Awalnya gue duduk bareng Fajar Manggala. Fajar Manggala lo ya bukan Fajar Pradnyana. Gue rada jengkel sih duduk bareng Fajar. Gimana nggak jengkel coba deh kalian bayangin, tiap gue mau focus ngerjain sesuatu tuh pasti dia ngegangguin. Bikin keributanlah, minta dikasi contekanlah rrrrrr-____- ngeselin kan ? Maka dari itu setelah beberapa bulan duduk sama Fajar dan kebetulan Bunda (lihat cerita part2) ngeliat kalo si Fajar ini sering ribut. Maka dari itu dia dipindahin ke depan, duduk bareng Susila. Sementara temen duduk Susila, Weda dipindahin duduk bareng gue. Awalnya gue biasa aja, rada cuek malah. Tapi setelah beberapa minggu duduk bareng Weda, nih orang asik juga. Gue sering curhat ke dia tentang orang-orang yang ada di sekitar gue. Misalnya kalo gue lagi ada masalah atau gimana. Dan die juga sering curhat ke gue tentang masalah-masalahnya. Terutama urusan cewek. Gue jabarin sedikit ya tentang si Weda ini. Dia nih sedikit sabar, sedikit playboy. Eh nggak bisa dibilang playboy juga sih karna dia nggak pernah mainin cewek. Paling cuma lirik-lirik doing *eh, itu playboy bukan?* auk deh gelap. Tapi selama gue kenal dia nggak pernah tuh ngeduain pacarnya. Yang ada dia setia banget. Pacarannya aja dari kelas 6 SD sampe sekarang. Kalo gue nih umur segitu masih kalem, polos, unyu *sampe sekarang masih kok* Oke, gue nggak mau kalian nguras isi perut (muntah) lebih lama.
Cerita gue berlanjut ke salah satu pengalaman gue di kelas 8 pas sekolah ngadain outbond ke daerah Payangan, Gianyar. Disana gue ngunjungin yang namanya Sekar Bumi Florist. Itu tempat tuh sejenis tempat pelestarian bunga. Sebenernya sih ada banyak objek, ada kebun kopi, kebun jeruk dan apa gitu lagi satu gue lupa. Tapi rombongan gue dapet ke taman bunga. Gue tuh kesana naik bus. Nah awalnya kan kumpul dulu tuh dib alai desa. Abis itu kita semua mencar ke objek masing-masing. Nah kelas gue nih paling apes. Kita semua tuh ke Sekar Bumi Florist jalan kaki man. Gue kira deket, eh taunya nggak kurang dari 6 kilo. Uuuuhhhhh pegel abis dah-.- mana disana gue pake acara dibully lagi sama Pramesti & Ratna (liat part1). Pas nyampe di sana tuh rasanya lega banget. Capek sih iya, tapi ya namanya juga ke taman bunga ya pasti asik. Pemandangannya keren, setting-setting desa gitu. Oke, setelah cukup lama ngedenger pengarahan tuan rumah, gue bareng yang lain langsung pada keliling, ngeliat-liatin bunga-bunga yang dilestariin disana. Nggak ada yang seru sih disini, tapi yaa ini nih buat menuh-menuhin cerita gue aja.
Selanjutnya itu pengalaman gue ke Semeru. Itu gue alamin pas kelas 8 semester 2. Sumpah, buat kesana tuh gue mesti bertekuk lutut sama bapak gue supaya dibayarin+diijinin. Dengan satu alas an akurat akhirnya gue diijinin. Pas itu tuh gue bilang kalo Pramesti sama Ratna ikutan juga ke sana. Nah, karena bapak gue udah kenal mereka berdua dan beliau juga tau kalo gue deket banget sama mereka akhirnya gue diijinin pergi. Gue ke Semeru itu tanggal 4 Juli – 5 Juli 2011. Gue udah certain ini sih di part1 tapi entah kenapa gue pengen mengenang lagi :’) Ada satu hal nih yang belum gue certain di part 1. Selama perjalanan ke Semeru, gue dapet makanan (cemilan) tuh dari temen-temen. Nggak kaget kan ? yeeeppppiiii *loh. Gue tuh pergi tanpa persiapan banget. Dan elo semua tau, gue pergi tuh cuma dibekelin beberapa jajanan tradisional. Hebat ya gue._. Nah satu hal lagi nih. Ada salah satu temen sekelas gue namanya Sita. Dia itu lumayan cantik dan manis. Tapi cantik-cantik gitu kebo tau! Sepengamatan gue nih ya, di bus itu dia molor. Nah di penginapan, dia orang pertama yang molor dan bangun paling akir. Gila, ini sungguh gila. Cantik sih bolehlah, tapi kebonya itu kagak ketulungan-_-
Cerita Semeru kita akhiri yah. Sekarang nih kita lanjut ke kisah mengharukan & menegangkan. Ini nih mengenai petualangan gue pas ngikutin ulangan akhir semester ganjil pas kelas 8. Hmm jadi gini nih ceritanya. Kala itu lagi pelajaran seni budaya. Berhubung gue bukan orang seni, karna gue orangnya sedikit abstrak. Sedikit lo yaaa! Tiba-tiba beberapa menit sebelum ulangan dimulai otak gue mulai bekerja. Disana gue mulai berfikir tentang masa depan gue kelak. Alah itu hanya kilahan semata. Sebenernya sih gue mikirin gimana caranya bisa jawab sementara malam sebelumnya gua kagak belajar-,- Biasalah ya penyakit malas itu on the way lebih cepat daripada yang namanya virus rajin. Oleh sebab itu, disini gue punya ide brilian untuk nyontek buku. Hebat kan ? Yes, this is me. Dengan satu tujuan yaitu mencapai nilai yang lebih cerah, maka dengan sigap gue ngeluarin buku seni budaya dari dalem tas gue. Gue taruh deh tu buku lengkap dari mulai buku paket, LKS sampe catetan-catetan di kolong meja gue. Menit-menit pertama gue ngerjain soal-soal yang bisa gue jawab. Sekitar 30 menit kemudian tangan gue udah mulai gentayangan di sekitar kolong meja. Itu tandanya gue udah butuh jawaban. Selama beberapa menit gue nyontek dengan hikmat. Setiap gerak-gerik guru berhasil gue terjemahin sehingga gue nggak ketauan. Tapi beberapa menit kemudian entah Tuhan memberi gue teguran atau emang guenya yang ceroboh, tiba-tiba *pletak : soundefect* buku gue jatuh. Wow, jantung gue langsung ngdrum nggak karuan. Rasanya itu ya seperti orang yang bertahun-tahun gue sukain tiba-tiba nembak gue. Alah ababil dasar! Gelisah setengah mampus gue pas itu. Untung aja guru yang ngawas jauh dari tempat duduk gue. Kalo nggak uh, gue kagak taudah bakal jadi apaan. Nah pas buku gue jatoh tuh hampir seisi kelas noleh. Wow banget yah-_-“ Untung aja guru pengawas mengerti akan keadaan muridnya jadi gue aman untuk saat itu.
Oke, kita cuss ke kelas 9. Hmm di kelas 9 ini, kita semua sekelas nih udah ngerasa jadi sodara satu sama lain. Dimana kalo yang satu salah berarti yang lain nyalahin, loh salah ya ? Oke move on. Gue rasa dibandingin 2 tahun sebelumnya nih, kelas 9 ini adalah saat dimana kita mulai beranjak jadi pribadi yang lebih dewasa. Oke di awal kelas 9 gue emang sempet bertengkar sama Pramesti & Ratna. Dan pada tahun yang sama juga gue ngerasa kalo kita justru makin deket. Oke, cerita kelas 9 gue awali dari salah satu guru gue yang yaaahhhh bisa dibilang cukup nyebelin ya. Ini guru nih guru bahasa Indonesia gue. Bagian yang kurang gue suka dari guru ini dan gue rasa temen-temen juga ngerasain hal yang sama, kalo ni guru tuh banyak omong banget. Apa-apa tuh di atur-atur mulu.sebagai salah satu contohnya nih ya, waktu itu pernah kita dikasi tugas buat ngerjain apa gitu, eh atau mungkin ulangan ? Hmm tauk deh, gue lupa. Nah nih guru nih merealisasikan pepatah “sambil menyelam, minum air”. Untungnya dia kagak kelelep di laut *alah, apaan coba?* Jadi maksud gue, nih guru ngasi tugas tapi setelah kita semua mau ngerjain eh dia malah terus ngoceh kagak jelas. Dibilang hati-hatilah ngerjain, ceramahlah, nyuruh kita konsenlah. Nah elu bayangin, gimana kita bisa konsen kalo si guru sendiri selalu ngegangguin ? -___- dia diem aja gue belum tentu konsen, nah ini malah ngoceh. Ya kalang kabut deh pikiran gue. Saking keselnya gue ngedenger dia ngomong nih ya, gue sampe ngelempar pensil tau nggak ? -___- nah pensilnya kelempar ke depan, jadi deh temen gue pada kaget. Tapi setelah itu gue menyesal karna yang ada malah gue takut tuh guru ngeliat gue-.- mental gue masih cetek yah-_-
Hmm oh iya, tadi kita ngomongin soal kebersamaan kan ? Jadi waktu kelas 9 nih ya, kelas gue kan dapet pelajaran olahraga setiap hari selasa. Nah setelah olahraga tuh ada pelajaran biologi. Suatu hari, saat kita sekelas lagi pada capek-capeknya habis olahraga ada salah satu temen gue yang punya ide brilian biar kita nggak usah ngikutin tuh pelajaran. jadi idenya itu kita pada pergi dari kelas, cuma beberapa doang ya. Alhasil ide itu kita gunain tiap minggu sampe pernah nih tuh guru protes, tapi yam au gimana kita juga nggak mau kali ya di Koran tiba-tiba ada berita murid yang stres hanya kerna belajar biologi selama 45 menit. Ide menghilang dari kelas saat jam pelajaran juga gue terapin di hari jumat. Dimana  setelah bete ngedenger ceramah guru Bahasa Indonesia, kita dihadapkan pada cobaan berupa angka-angka yang tersusun sedemikian rupa dalam pelajaran matematika. Teori hari jumat sih munculnya nggak kayak yang hari selasa ya. Ini spontan muncul saat hati itu kita baru selesai ulangan Bahasa Indonesia, nah karna waktunya kurang kita jadi nggak dapet istirahat untuk itujam pelajaran matematika kita pake buat istirahat dan gurunya ngijinin. Sejak saat itulah kita mulai durhaka pada guru karna kita terus-terusan bohong sama tuh guru. Pernah nih ya tuh guru matematika kita bikin ngambek. Waktu itu lagi pelajaran matematika. Nah bu guru lagi ngejelasin materi di depan, sebagai murid yang baik maka kita pada ribut dibelakang. Eh tuh guru tiba-tiba nengok terus bilang gini “Kalo kalian mau ribut mending nggak usah ikut pelajaran ibu.” Setelah itu dia mengemasi barang-barangnya dan pergi begitu saja ninggalin kelas gua. Sedikit dramatis ya. Gue kan awalnya bengong, tapi beberapa detik kemudian Indah nyuruh gue ngejar tuh guru. Ih awalnya gue males, karna enakan nggak ada guru. Tapi gue ngerasa perlu ngasi pertanggungjawaban. Untuk itu gue bareng perangkat kelas yang lain ngejar tuh guru deh. Dan anda tau pemirsa ? di ruang guru, itu guru sampe nangis ! Iya nangis, netesin air mata. Nggak mungkin air liur *cuih. Gue ngebujuk itu guru supaya mau ngajar lagi di kelas dan sayangnya itu berhasil. Harusnya sih dia nolak tuh tawaran gue -____- Tapi yaudah lah ya, emang takdir seorang murid untuk belajar ulalaa~
Di kelas 9 ini gue ngerasa hubungan gue, Pramesti dan Ratna makin dekat. Semacam cinta segitiga gitu ya-___- Ya bukanlah, maksudnya hubungan persahabatan, bukan yang lain. Disini kita selalu ngasi kado kalo salah satu ada yang ulang tahun, itu mungkin kalian lakuin juga ke temen-temen kalian tapi ini ada yang jauh lebih special. Disini bukan hanya pas ulang tahun aja kita saling ngasi kado, tapi pas valentine juga. Di hari valentine, biarpun gue jomblo gue selalu ngerasa punya pacar. Ya itu karna ada mereka berdua dan juga temen-temen gue yang lain. Selain tukeran kado juga kita tukeran coklat. Untung ya tukeran bukan saling suap-suapan :P pernah nih gue dikasi surprise ulang tahun sama mereka. Mungkin mereka udah ngerencanain dari jauh-jauh hari ya. Tapi ya namanya juga surprise, pastinya gua kagak tau. Jadi pas itu lagi ulangan semester 1 kelas 9. Disana mereka ngucapin Happy birthday seperti tahun-tahun sebelumnya. Tapi bedanya mereka kagak bawa kado-,- Di pagi hari, pas gue baru nyampe sekolah, cuma Devika yang ngasi gue kado dress dengan panjang diatas lutut. Kata dia itu buat gue pake pas buat foto buku tahunan season 2. Ciaelah pake season segala, Cinta Fitri kali yah-.- Tapi untuk kali ini emang bener. Gue sekelas fotoan 2 season. Dimana season kedua kita pilih tempat di sebuah gedung, yang sepertinya itu musem. Agak terbengkalai sih, tapi unyu. Eh kok malah nyambung kesini. Oke kita balik ke cerita tadi. Nah si Vika nih naruh tuh dress di kolong meja gue. Awalnya dia ngasi clue biar ceritanya misterius. Tapi gua kagak nyadar. Pertamanya tuh dengan bloon gue nanya-nanya dulu ke dia, sampe akhirnya gue nemu sendiri tuh harta karun di kolong meja. Terus setelah ulangan berakhir, gue ke kelasnya Ratna. Ceritanya nyamperin dia, ngajak pulang. Tapi sialnya dia belum keluar-____- kemudian kalo nggak salah di deket kelas Ratna gue ngeliat cowok yang gue suka, dan dia ngucapin Happy birthday ke gue. Alhasil gue lari kegirangan nyariin si Pramesti. Tepat di depan ruang TIK Pramesti, Vika, Cintya, Mila dan temen-temen yang lain tiba-tiba nudah ngejogrok aja disana sambil megangin cupcake yang ada lilin dengan bentuk angka 1 & 5. Huuuuu, gue kaget banget. Mereka semua nyanyi lagi Happy birthday dan nyuruh gue tiup lilin. Dan gue ngelakuin itu semua. Nggak lama setelah itu Ratna dateng. Disitu Pramesti ngejelasin kalo itu memang udah rencana mereka buat bikin surprise. Sumpah gue suka banget. Berkesan. Makasi ya guys J Gue sayang kalian.
Setelah itu, dibulan April tepatnya tanggal 1 Maret 2012 giliran gue yang ngasi surprise ke Ratna. Gue udah ngerencanain semuanya bareng Pramesti. Jauh-jauh hari sebelum itu, eh nggak jauh-jauh amat sih._. Gue minta susila ngegambarin sketsa wajah Ratna. Susila memang pinter gambar dan kadang gue iri sama dia, hmm. Itu merupakan salah satu kado dari gue yang bakal gue kasi ke Ratna. Selain itu, karena gue sadar nggak lama lagi kita bakal misah –kelulusan—gue juga punya inisiatif untuk ngasi Ratna kado berupa foto kita bertiga. Iya Gue, Ratna, Pramesti. Itu semua hasil kenarsisan kita di segala tempat. Ada foto bareng bertiga. Ada foto Pramesti cuma berduaan bareng Ratna*Eits, bukan pacaran lo ya* dan yang paling penting ada foto gue bareng dia. Gue sih doa aja semoga dia enggak ngebakar tuh foto setelah gue kasi *hehe, canda*. Semua gue persiapin secara matang. Bahkan disana gue mencoba berkreasi ngebikin surprise ala baru dengan kue yang gue bawa bukanlah kue tart. Kalo biasanya kan ngasi kejutan ultah pake kue tart atau nggak blackforest ya. Tapi gue mah maunya yang ektrem, beda dari yang lain. Disitu tuh ya yang gue jadiin icon dari kejutan tersebut adalah jajanan tradisional Bali. Iya, jajanan tradisional. Apa lu pernah ngebayangin ? hanya gue yang punya ide se-kreatif ini. Disana gue beli beberapa jajanan Bali plus kue pukis. Oke gue certain kronologi lengkapnya.
Di pagi hari yang cerah tanggal 1 Maret 2012, gue datang ke sekolah dengan membawa sekantong plastik yang isinya kejutan buat Ratna. Emang dasar guenya males atau Ratnanya yang kepagian, niatnya kan gue sembunyiin itu kantong plastic yang gue bawa-bawa. Gue sampe perlu sms si Pramesti untuk ngajak Ratna keluar kelas. Sampe akhirnya sang penyelamat yang berwujud badan Rina datang, membantu gue nyembunyiin itu barang. Alah, semacam bandar narkoba ya pake ngumpet-ngumpet. Tapi itu semua demi mengoptimalkan kejutan gue nantinya #apasih. Setelah itu plastik Rina ambil, gue masuk ke kelas. Pramesti langsung ngajak Ratna ke kantin, dan ketika mereka pergi Rina masuk dan gue simpen barang-barang kejutan itu di kolong meja. Lanjut, beberapa menit sebelum bel istirahat bunyi gue mulai menata semua kue. Gue suruh tu si Susila buat beli coki-coki. Ceritanya tuh coki-coki menambah kecantikan dan keanggunan tuh kue-kue yang gue tata. Setelah coki-coki datang dan gue berhasil merias tuh kue, hal terakhir yang gue lakuin adalah nancepin lilin ber-angka 1&5. Pramesti yang gue kasi mandat buat ngajak Ratna seliweranpun sepertinya udah kalang kabut nyariin alas an biar Ratna nggak balik ke kelas. Akhirnya gue sms dia dan gue berdiri di ambang pintu samping kelas. Beberapa detik kemudian Ratna dateng dan yah dia tampak sedikit terkejut. Mungkin dia nggak nyangka kali ya kejutannya berupa jajanan tradisional._. Setelah acara tiup lilin, kita menikmati kuenya rame-rame. Momen ini. Ini yang gue kangen dari kalian temen-temen. Momen dimana kita selalu saling berbagi J
Hmm kalo untuk Pramesti, berhubung dia ultah tanggal 2 Agustus kita ngasi surprisenya setelah gue lulus dari SMP. Gue sama Ratna+pacarnya janjian di deket rumah. Kita udah punya rencana buat nyamperin Pramesti ke rumahnya. Udah janji sih bakal main ke rumahnya dan dia juga janji buat nraktir kita. Ratna udah nyiapin gue tapi kita belum pada beli kado. Untuk itu gue mampir dulu ke toko pernak-pernik buat beli kado. Dan kado yang gue dapet tidak lan tidak bukan adalah boneka. Kemudian kita ngelanjutin petualangan ke rumah pramesti. Berhubung kita mau ngasi kejutan dan rumah Pramesti masuk gang, kita nih ceritanya berinisiatif ngidupin tuh lilin dari depan gang. Motor pun kita parkir di depan took buku. Namun malang tak dapat ditolak. Saat kita mau masuk ke gang, eh tau-tau Pramesti lagi main-main bareng anjing peliharaanya di depan rumahnya juga. Dan jengjeng, kejutan gue gagal. Semuanya pun seakan mendukung kegagalan surprise gue, lilin-lilin yang nancep di kue ketiup duluan sama si angin-_- bzzzzzzzz-_______- yah jadinya surprisenya seadanya aja. Di rumah Pramesti lilin dihidupin lagi. kemudian setelah tiup-meniup kue eh, lilin kita langsung cuss. Ceritanya yang lagi ulang taun nraktir kita. Kalo lagi gini nih gue pengen dia sering-sering ulang taun supaya bisa di traktir terus gitu :p hmm, inilah kita. Berbagi dalam berbagai suasana :)
Selain mereka-mereka, gue juga masih banyak sih punya sahabat-sahabat lain. Ada Rina, Devika, Cokde, Duo Fajar, dan masih banyak lagi. Gue rasa kalo itu gue sebutin kalian bakal baca ini cerita sampe ketiduran jadi nggak usah deh yaaa :D
Eh ceritanya sedikit melenceng dari masa SMP ya-.- tapi gapapa deh, gue keasikan sih ceritanya. Sekian aja dulu deh. Makasi buat kalian yang udah mau baca cerita-cerita gue. Eh tapi cerita masa SMP masih ada lanjutannya loh, ditunggu yaaaa:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar