Laman

Rabu, 12 Desember 2012

Part 2



Oke kalo di bagian 1 gue nyeritain tentang temen-temen sekelas gue, sekarang ini yang gue bahas adalah tentang guru gue. Mungkin rada kurang ajar ya ngomongin guru dibelakang. Untuk itu gue mohon buat yang baca ngomongnya dalem hati aja ya. Biar dosa gua kagak nambah. Kalo kalian ngebacanya keras-keras takutnya tuh guru ngegentayangin gue. Hiiiyyyy, kan serem. Eh tapi kalo di pikir-pikir ini kan gue ngetik jadi mungkin dosanya nggak seberapa.
Yang pertama ada guru pkn gue. Guru ini ngajar gue sejak gue kelas satu SMP sampe kelas dua. Gue pilih guru ini sebagai guru urutan pertama karena dialah satu-satunya guru yang punya banyak fans disetiap akhir semerter. Oke, kita beri dia sebutan Bunda. Nah si Bunda ini nih adalah wali kelas gue pas gue kelas satu dan kelas dua. Dia ngajar pkn, oke itu udah gue sebutin sebelumnya._. Nah pas awal gue masuk SMP, di minggu kedua kan masih santai tuh. Paling kegiatannya cuma perkenalan siswa dan guru. Tapi nih guru beda. Begitu buku pkn dibagikan, dia langsung ngajar. Bahkan nih guru nggak segan-segan nunjukin tampang galaknya di depan murid-muridnya yang masih unyu-unyu ini. Dia langsung ngebahas materi. So pasti semua pasang tampang bloon begitu nih guru ngejelasin. Panjang lebar pula-.- tapi mau nggak mau yaudah kita mesti ngikutin. Pas itu seminggu gue dapet pelajaran pkn cuma sekali. Untung deh, gue males banget kalo ketemu sama Bunda sering-sering.

Nah pas ulangan harian yang pertama kali, kalian tau nilai gue berapa ? ayooo tebak :P oke, berhenti deh nebak-nebak. Nilai gue tuh 3,5. Hebat kan gue B) Sumpah deh pas ulangan gua kagak bisa berkutik. Mata si Bunda tuh berkeliaran dan menghantui setiap siswa yang berusaha mencuri kesempatan untuk menyontek. Gue merasa dihantui. Jadi gue jawab sebisanya. dan itulah hasil yang gue dapet. 3,5 itu udah termasuk besar. Paling besar 5 sih tapi beda tipis kan sama nilai gue ? jadi bisa dibilang itu niai yang membanggakan.
Gue rasa si Bunda nih memang killernya nggak ada yang nandingin kali yah. Pas gue udah masuk semester dua nih guru makin menunjukkan kegarangannya. Si Bunda nih ya bisa ngebikin nilai murid yang awalnya sudah memenuhi standar KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) jadi jauh dari KKM. Gue pernah nih ngalamin kejadian ini. Jadi gini ceritanya. Pas itu tuh gue giat banget belajar pkn. Bahkan hampir satu bab isi buku itu gue hapal sampe titik komanya. Nah untuk itu gue bisa ngejawab soal-soal ulangan dari Bunda. Nah saat itu gue dapet nilai 8. Itu udah memenuhi syarat KKM sekolah gue yang nilainya 7,6. Dan ketika hasil ulangan dibagikan, kertas gue dan beberapa anak laen yang tuntas ditahan sementara sama Bunda. Uh gue deg-degan, sumpah! Feeling gue berkata kalo bakal terjadi malapetaka. Dan beberapa menit kemudian malapetaka itu datang melalui orang yang saat itu duduk manis di meja guru. Dia nyebut nama gue. Ini sulit dibayangkan tapi jujur, gue grogi. Cuma buat maju ke depan ambil kertas ulangan aja gue grogi. Betapa dasyatnya itu. Dan sampe di depan meja guru tiba-tiba gue mati kutu ketika Bunda ngasi gue pertanyaan seputar pasal-pasal dalam UUD. Karena sangat shock dengan semua kejadian itu, gue nggak bisa jawab apa-apa. Saking gugupnya, nih mulut yang ada di muka gue serasa sepuluh kali lipat lebih berat dari bibir normal. Dia nggak mau kebuka-__- nggak ada sepatah katapun yang bisa gue ucapin di depan Bunda. Oh tiidaaakkkkk, nilai gue pun berkurang 2 poin. Dua poin maannnnn!!!!! Ini sungguh malapetaka karna itu berarti gue mesti remidi dan remidinya pasti jauh lebih ketat-_- di minggu selanjutnya gue ngikutin yang namanya tes remidi. Oke disana gue belajar sesungguh-sungguhnya bahkan sampe pasal pun gue hafal. Bukan karna niat, ini tuntutan batin! Dan lihat pemirsa, gue berhasil dapet nilai 8 lagi dan itu tanpa pengurangan dari Bunda lagi. Di hari-hari selanjutnya pun gue udah mulai terbiasa sama si BundaJ
Tapi kali ini beda lagi kasusnya. Waktu itu kali nggak salah gue lagi ngikutin Ujian sekolah, eh antara ujian sekolah sama pemantapan deh. Gue rada lupa nih. Jadi pas waktu itu tuh uda berlaku sitem 5 paket. Yaaa namanya juga murid pasti udah nyusun rencana yang mateng dong buat menyukseskan ujian. Begitu pula gue dan temen-temen gue. Disini kita sepakat buat bawa hp lebih dari 1. Ceritanya buat cadangan gitu kalo misalnya pengawas nyuruh kita ngumpul hp. Nah hari itu mungkin gue lagi apes kali yah. Pas itu tuh jam pelajaran IPS. Hampir semua buku IPS yang gue punya gue simpen di kolong meja buat contekan. Jadi gini, waktu itu tuh gue lagi asik-asiknya balesin sms temen gue yang ada di ruang sebelah. Sampe tiba-tiba guru pengawas tuh nyamperin ke meja gue. Kebetulan gue duduknya di bangku nomor dua dari belakang dan deket jendela, posisi yang pas bukan ? Lanjut. Disana tuh tu guru bilang gini. “Itu yang dibelakang jangan nyontek ya.” Serentak semua orang di kelas itu reflek menoleh. “Tuh ibunya bilang.” Lanjut guru itu lagi. Jengjengggggg, pas gue noleh ke arah yang ditunjuk itu guru pengawas ternyata Bunda yang terkenal akan kekillerannya udah menampakkan wajahnya tepat di jendela pojokan. Sumpah shock banget. Mana mukanya serem banget lagi, pake nunjuk-nunjuk kea rah gue sama si Ratna yang duduk di belakang gue pula. Hhiiiiyyyyy serem abissssss. Dan beberapa detik kemudian gue kembali ke alam sadar gue. Gue langsung umpetin tuh hp di saku rok gue. Si Bunda nih mengambil langkah seribu buat nyamperin gue. Awalnya dia nyamperin Ratna dan hp Ratna ketangkep. Nah gue nih korban berikutnya. Setelah Ratna selesai digeledah, giliran gue. Pas itu tuh ya gue deg-degan banget. Jantung tuh jumpalitan nggak jelas, minta dikeluarin dari tempatnya. Awalnya si Bunda nggak ngedapetin hp gue. Tapi dia tetep ngobrak-abrik bangku gue sampe akhirnya dia meriksa kantong rok gue dan kalian tau ? hp gue pun disita. Itu sih nggak ngerugiin gue ya karna gue masih ada buku. Tapi nih yang rugi itu temen gue yang di kelas sebelah, karna tanpa gue dia nggak bisa jawab tuh soal. Yaudah deh gue nyantai. Hebat kan ? Guru paling killer sekalipun nggak ngubah tekad gue buat nyontek B)
Oke, cerita tentang bunda gue udahin. Sekarang gue lanjut ke guru gue berikutnya. Hmm siapa yaa ? ini deh, guru agama gue. Ini guru nih punya sedikit keunikan yang menurut temen-temen gue kocak. Jadi gini, setiap guru ini ngucapin beberapa kata nih ujungnya pasti bilang gini “ya ndak ?”. mungkin itu rada garing ya buat kalian, tapi sumpah kalo ketemu sama guru ini tuh rasanya gimanaaa gitu. Pernah nih saking bosennya gue denger nih guru bilang “ya ndak?” gue sama temen sebangku gue yang namanya Merry ngejawab entuh pertanyaan keras-keras. Gue sama si Merry nih kompakan jawab Iya, iya dan iya. Dan ujung-ujungnya ini guru bilang gini. “Kalian ini kenapa jawab iya melulu, emang kalian udah ngerti sama penjelasan bapak ?” nyebelin kan? Kalian bingung dimana bagian nyebelinnya ? Baca baik-baik deh. Gini ya, udah jelas-jelas tuh guru pada bagian akhir kalimatnya nanya “iya ndak ?” nah terus gue jawab, begitu gue jawab eh itu guru nyolot-___- jadi itulah guru agama gue. Pernah nih ya ada temen gue yang iseng ngitungin dalam 2 jam pelajaran berapa kali tuh guru bilang “ya ndak?” dan hasil yang dia dapat tuh kalo nggak salah 60-an. Oh God, nih guru banyakan bilang “ya ndak?”-nyaaa._. Oke gue tau kalian yang baca pasti pusing tentang guru gue yang satu ini. Kalo gitu move on aja yaaaaa.
Berikutnya ada salah satu guru gue yang gaul. Gue bingung nih mau manggil ini bapak siapa-,- nggak enak kan kalo nyebut namanya langsung ? Oke lupakan soal nama menamai. Gini, nih bapak ya kalo masuk kelas gue hal pertama yang dilakuin pasti ngetawain temen gue. Mungkin karna temen gue masuk spesies langka kali yah *ups sorry*. Nih guru nih sering banget nyeritain pengalamannya ke kita. Ada nih salah satu pengalaman nih guru bareng temen-temennya semasa SMA. Jadi gini, tuh guru dulu punya temen. Yaiyalah ya punya temen-___- Nah waktu lagi jam istirahat tuh, tiba-tiba ada gempa bumi. Oke jadi kalo nggak tiba-tiba pasti udah dipersiapin kali yah._. Nah kelasnya guru gue nih kan di lantai dua, terus pas gempa lagi menggila nih orang malah lompat dari lantai dua. Sumpah gue yang dengerin shock. Belum pernah nih ada orang senekat ini. Trus trus, pas dia udah loncat dan mendarat dengan selamat dibawah kan semua orang pada tepok tangan tuh nah disini kocaknya. Awalnya itu orang nunjukin tampang superheronya dengan posisi yang masih sama dengan proses pendaratannya. Ya jelas lah orang-orang pada takjub. Tak lama kemudian guru gue nih nyamperin dia trus nanya gini.
“Lu gapapa bray ?”
*hening*
“woi, kenapa lu diem ?” Tanya guru gue lagi. Tuh orang masih bungkam. Dan berpuluh-puluh detik berlalu nih orang masih dalam posisi awal.
“Gue shock bego!” Kata tuh orang berbisik tapi tajam. Sumpah bagian ini berhasil bikin gue tahan kentut *eh nafas, setelah itu tawa ngakak keluar dari mulut gue dan temen-temen gue. Gue kira ini orang ingin menunjukan apaan gitu eh tau-taunya dia juga shock. Oh tidaaakkkkk, gue kena tipu mentah-mentah-____- apa elu(yang baca) juga shock ? Semoga iya, kalo nggak tolong shock ya biar cerita gua kagak gagal._. kalo udah pura-pura shock makasi aja deh. Dan buat yang beneran shock LEBAY AMAT SIH LU! :P *maaf bray, canda doang*
Oh iya, gue juga pernah nih di bikin kesel sama nih guru. Ceritanya gini, nih guru kan ngajar TIK nih. Nah pas itu tuh lagi ulangan. Nih guru ni ya asik sih asik tapi pas ngebacain soal juga pake acara curhat segala, gue lupa sih apa yang diomongin tuh guru. Habis gue keburu kebelet pipis-.- Coba deh lu bayangin gimana gue bisa nahan pipis sampe ulangan selesai, tapi guru yang ngebacain soal justru ngelawak di depan kelas. Uuuhhhh sial-_- Udah kagak tahan banget. Sampe akhirnya gue memutuskan buat ngetok meja trus angkat tangan.
“Maaf pak, saya permisi ke toilet sebentar.” Kata gue dengan pede. Gila setengah mampus gue nahan-_-
Gue lupa nih apa jawaban guru ini yang jelas ya dia tuh ngelawak, tapi bagi gue lawakannya tuh udah kagak lucu lagi karena ya itu, panggilan alam._.
Sumpah habis menuhin entuh panggilan alam, lega banget. Gue masih denger tuh anak-anak kelas gua pada cekikikan-.- Apa tanpa gue mereka butiran debu sampai-sampai mereka nggak sanggup ngelanjutin ulangan tanpa gua ? Oh tidak pas gue masuk kelas, mereka tertawa serentak-_- Sial, gue dibully zzzzz-________- yaudah ya mau gimana lagi harus masuk. Gue harus ikut ulangan bray. Dan setelah ulangan berlalu, untuk pertama kali gue liat nih guru marah. Untuk yang satu ini ceritanya gini. Setelah pelajaran bapak ini kan gue istirahat kedua. Nah karena tergiur akan makanan kantin, temen-temen gue banyak yang pada nyelonong ke luar kelas tanpa ijin. Mungkin ini bapak moody kali yah dan tiba-tiba moodnya berubah. Alhasil ini bapak marah. Dia suruh dah tu ketua kelas nyatet nomor absen murid-murid yang keluar kelas. Galak banget lagi nadanya.
“Catet nomor absen yang keluar kelas!”
“Tapi yang keluar banyak pak, saya lupa.” Jawab ketua kelas gue ragu.
“Kalo nggak inget catet yang ada di sekelas aja! Belum waktunya keluar kok pada keluar ? Kalian nggak tau sopan santun ya ?!” Wah wah, ini nih pas banget nusuknya._. Ternyata bapak ini asik-asik menghanyutkan yaaa *loh?*. sejak saat itu tuh kita nggak berani bikin ini bapak marah, serem amaaatttt. Tapi kalo dibandingin sama bunda masih galakan bunda sih-.-
Oke, cukup sekian deh tentang guru gue. Gue takut banyak dosa nih. Karena mereka gue bisa tau banyak hal. Mereka bukan hanya ngasi gue ilmu tapi juga ngebantu gue untuk jadi lebih disiplin. Jujur, gue belum bisa disiplin 100% tapi itu bisa dilakuin bertahap kan ? J Mereka guru paling the best deh pokoknya.♥ 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar