Laman

Sabtu, 08 Desember 2012

Part 1



Disini gue bakal nyeritain pengalaman di masa SMP, iya SMP. pengalaman SMP bisa dibilang adalah pengalaman gue paling berharga. Disini gue bisa tau beberapa karakter orang lain, tingkah laku orang-orang di sekitar gue, bahkan di SMP gue mulai tau apa itu cinta. CINTA, eh tapi sebenernya bingung juga sih mau dijabarin kayak gimana dan gue juga nggak tau apa itu bener-bener yang namanya cinta atau bukan (ambigu kan ?). oke gue ceritanya bertahap yak. Mulai dari kisah pertemanan gue dan temen- temen gue ;)
Jadi gini ceritanya mulai berawal sejak hari pertama gue ngikutin kegiatan MOS. *tzziiinngggg : sound effect*

Pagi itu gue pergi ke SMP gue dengan tampang yang yaaaahhh bisa dibilang masih polos, namanya juga baru masuk SMP kan tampang begonya masih keliatan. Hari itu gue ngikutin semua kegiatan MOS sebagaimana mestinya seperti apa yang tertulis di jadwal MOS yang dibagiin ke murid-murid baru. Hari itu dibacain susunan pengurus OSIS SMP gue dan yang ngeselin itu adalah pembacanya ngebacanya cepet banget. Gue rasa kalo diibaratin itu cara bacanya tuh kayak lari marathon di dalam kereta express gila nggak tuh ? (bisa ngebayangin ?). Alhasil dari pembacaan yang sebegitu gila-gilaan, gue hanya nyatet nama-nama senior yang disebut alakadarnya,  sesuai apa yang gue denger dan sejak saat itu gue ngerasa kalau gue mesti ke THT supaya gue bisa denger segala sesuatunya dengan lebih jelas. Jujur, pertama gue MOS gue kesepian *ciaelah*. Kesepian bukan karna apa-apa, tapi itu karna gue nggak punya temen sama sekali. Coba deh lo bayangin gimana rasanya ngejalanin masa MOS yang sebegitu ribetnya seorang diri tanpa ada temen ? Ngebosenin bangetttt._. Nah di jam istirahat gue cuma sendiri, nggak ada yang bisa gue lakuin selain ngikutin anak-anak laen yang mandadak jadi fans para senior pengurus OSIS. Oke gue pun jadi penggemar mereka juga.
(beberapa hari kemudian)
Hari itu adalah hari pembagian kelas bagi anak-nak baru. Kurang lebih 3 hari sebelumnya sudah diadain tes buat nentuin kelas kami. Awalnya gue santai pas nyokap nanyain kenapa gue nggak belajar. Disana gue jawab “Udah belajar kok.” Sumpah itu fitnah. Dan tiba-tiba saat tes gue baru tau kalo tesnya itu pake bahasa inggris. Mirisnya nggak ada satupun dari pertanyaan tersebut yang gue ngerti. Alhasil di pertanyaan objektif itu gue ngarang bebas. Saat pengumuman kelas awalnya gue kira gue bakal dapet kelas B atau C tapi setelah dibacain gue kaget banget setelah gue tau yang gue dapet adalah kelas F. jauh banget dari harapan gua-,- Yah mau nggak mau mesti terima lah ya. Di hari itu juga gue diajak buat masuk ke kelas yang akan gue huni selama setahun kedepan. Dan lagi-lagi gue nggak satupun orang yang di kelas itu yang gue kenal. Gila kan ? untuk itu di saat-saat pertama gue cuma diem, duduk bengong sampai sesaat kemudian seorang cewek tiba-tiba berdiri di sebelah gue.
“elo duduk sendiri ?” kata tuh cewek. Lah udah jelas-jelas gue duduk sendiri doang pake acara nanya segala. “hmm, iya.” Jawab gue kalem. “boleh gue duduk disini ?” Tanya cewek itu lagi. Dan dengan tampang bloon stengah mampus gue manggut-manggut aja. Sampai akhirnya si cewek tadi jadi temen duduk gue.
“Gue Pramesti. Nama lo siapa ?” Lanjut cewek itu lagi. Ih kepo banget yaaa ?! “Gue Novi” singkat padat dan jelas. Awalnya gue sama si Pramesti ini masih pada jaim-jaiman. Di minggu-minggu awal kita masih pada sibuk dengan urusan masing-masing. Tapi lama kelamaan kita justru akrab banget. Ini karna faktor sebangku kali yah.
Hampir semua kejadian yang gue alamin gue certain semua ke dia. Dia tau banget sifat gue dan kata dia nih gue cuma terlihat polos pada awal masuk kelas doang, sisanya sama aja kayak cewek-cewek lain. Kurang ajar nggak tuh ? ._.v
Selain Pramesti, juga temen-temen gue yang lain yang jadi tempat gue curhat di skolah. Eh kalo di pikir-pikir sih hampir semua temen-temen cewek gue jadiin temen curhat *ups. Nggak mungkin kan gue sebutin semuanya satu-satu ? jadi gue jelasin beberapa dari mereka aja kali yah.
Yang kedua, bingung kan kenapa yang kedua ? Lah elu baca sendiri kan tentang si Pramesti ? nah entu tuh yang pertama :P oke kembali ke pokok bahasan. Cewek yang kedua ini namanya Ratna. Dia tuh ya kalo dijabarin lewat kata-kata itu susah. Jujur aja nih, anaknya rada cerewet, ngomongnya cepet banget, lebih cepet daripada senior yang bacain nama pengurus OSIS  tadi *alah , baik sih baik, banget malah ;) Kadang nih ya gue rada males cerita sama ratna, abis setiap dia ngasi saran atau pendapat ngomongnya ngebut banget :P Tapi justru itu yang ngebuat kita deket. Gue lupa gimana awal cerita gue kenalan sama nih orang, tapi sumpah nih anak asik banget. Kadang dia suka gue kangenin, tapi gue nggak mau bilang (takut dia kegeeran).
Yang ketiga, ada Susila. Ini anak sok cool banget. Diantara semuanya dialah temen SMP gue yang paling belagu. Di jaman yang udah semodern ini, ini orang masih aja ngegalauin masa lalunya. Lebay kan ? nah itu dia gue juga nggak ngerti sama jalan pikiran inih anak. Udah gitu ya setiap gue mention dia di twitter nih balesannya tuh seolah-olah gue itu fansnya. Gila nggak ? Males banget deh gue jadi fansnya._. amit-amit dah.
Yang ke empat, ada Novia. Ini anak paling kalem diantara semuanya. Kalem bukan dalam artian gimana. Dia nih paling ga pernah nongol di timeline gue-,- sejak gue lulus SMP nih sampe sekarang, berapa kali dia nongol di timeline gue tuh bisa diitung jari. Selain itu juga nih anak paling jarang kontak bareng kita. Paling jarang ada kabar lah pokoknya.
Selanjutnya ada Rina. Rina ini ratu galau. Setiap bagian dari hidupnya itu gue rasa adalah kegalauan. Nggak pernah nggak galau dah pokoknya. Dari gue belum pernah pacaran sampai sekarang nih, ini orang masih aja galau. Entah apa yang di galauin gue nggak tau. Mungkin memang dia ditakdirkan hidup untuk bergalau kali yaaa.
Berikutnya Mila. Mila ini tampilannya mungil, maaf yah mil ._.v  Anaknya baik, lumayan cerewet, dan gigih banget. Gigih disini maksud gue dia tuh bisa ngelakuin hal-hal yang tak terduga buat ngedapetin apa yang dia pengen. Gue salut sama nih anak, dia mau memperjuangkan keinginannya #eeeaaaakkkkk.
Oke gue capek nih ngetik karakter temen-temen gue. Gue rasa itu cukup buat mewakili sekian banyak temen-temen gue. Tanpa mereka gue nggak tau gimana hidup gue. Mereka yang selalu nemenin gue pas gue lagi seneng ataupun sedih. Mereka yang bantu gue buat cari jalan keluar dari masalah-masalah gue. Gue seneng bisa kenal mereka dan gue harap mereka juga sama.

Nah itu baru bagian awal, tentang karakter temen-temen gue. Sekarang nih gue bakal cerita tentang gimana kedekatan gue sama mereka. Simak terus yaaa..
Jadi gini di kelas tuh dulu gue kemana-mana selalu bareng Pramesti sama Ratna. Kami bertiga emang deket banget. Hampir semua hal yang kita alami selalu kita share. Dan menurut gue semua itu menyenangkan. Awal masuk SMP memang susah buat adaptasi, tapi lama-lama itu tuh terasa nyenengin banget.
Di SMP tuh ya dulu, gue berbagi banyak hal bareng si Ratna sama Pramesti. Mulai dari makanan, ilmu pengetahuan, rejeki, bahkan sampe jawaban pun kita selalu berbagi. Biasalah, namanya juga murid. Dosa itu ketika kita tidak membagi jawaban bersama temen :P Kita bertiga tuh selalu bareng. Bahkan nih saking deketnya kita orang tua kita masing-masing udah pada kenal satu sama lain. Gue sih berdoa aja semoga kedepannya gue nggak dijodohin sama salah satu diantara mereka._. oke mungkin itu sedikit alay. But itulah gue diem-diem tapi sekalinya alay mungkin alaynya berlebihan *ups.
Waktu SMP nih tepatnya pas kegiatan outbond, kalo nggak salah tanggal 18 September 2010 gue sempet kesel sama nih anak dua. Pasalnya waktu itu tuh gue lagi ngefans-ngefansnya sama salah satu kakak kelas gue yang menurut gue ganteng. Nah disitu mereka itu semacem ngejelek-jelekin tuh kakak kelas, ya jelas aja gue nggak terima. Maka dari itu gue rada kesel. Nah kebetulan pas itu gue bareng temen-temen sekelas mesti jalan kaki menuju tempat outbond. Gila man hampir 5 kilometer gue jalan-_- padahal sebenernya itu bus yang ngangkut rombongan kita bisa masuk ke tempat outbond._. oke kembali ke pokok masalah. Karena gue nggak nerima idola gue diejek-ejek maka timbullah inisiatif di otak gue untuk ngediemin mereka. Alhasil gue jalan sendiri dengan langkah 1000x lebih cepat daripada langkah gue biasanya. Mereka pun pada sibuk nanyain apa gue marah kesel atau gimana tapi gue tetep diem. Kesel banget. Tapi nggak lama kemudian gue baikan lagi sama mereka. Nggak betah kali lama-lama diem-dieman sama sahabat sendiri.
Di lain hari, itu antara kelas 8 semester 2 atau kelas 9 semester 1. Pas kita sekelas lagi pada deket-deketnya, sekolah ngadain acara persembahyangan ke Gunung Semeru buat anak-anak angkatan gue. Banyak anak-anak kelas gue yang ikut tapi untuk yang cewek-cewek, yang ikut cuma 8 orang. Nah disepanjang perjalanan kesana itu kita tuh nggak ada henti-hentinya bikin ribut itu bus. Ya cekikian lah, main tebak-tebakan lah, pokoknya seru banget deh. Perjalanan kita kesana tuh menghabiskan waktu lebih dari 12 jam. Nah pas nyampe disana nih kita kan nyari penginapan. Kebetulan, gue dapet jatah sekamar bareng Pramesti sama Ratna. Nah setelah urusan kamar mengamar selesai, kita semua pada mandi. Di kamar gue itu kamar mandi dalem, untuk itu kita bertiga mandinya giliran. Giliran pertama itu Pramesti. Sambil nungguin tuh anak mandi, gue ngecas handphone dulu di luar kamar. Pas lagi asik-asiknya ngobrol bareng anak-anak lain tiba-tiba si Pramesti teriak-teriak manggil nama gue. Gue jelas kaget. Buru-buru gue masuk ke dalem kamar trus gedor-gedor pintu kamar mandi. Takutnya tuh anak ketemu setan di dalem kamar mandi.
“Pram, elu kenapa ?” Tanya gue. “Noviiii, gue takuuuutttttt” Jawab tuh cewek. Yaelah gue kira apaan-,- gila aja teriak segitu histeris, gue kira ada apaan tau-taunya dia bilang dia takut. Elu udah gede bray, bukan anak kecil lagi-_- “Yaaaahhh, gue kira apaan.” Jawab gue kehilangan semangat.
Nah pas dia selesai mandi langsung gue ngacir buat mandi duluan, mendahului Ratna. Nah pas mandi nih, tiba-tiba gue denger suara aneh. Sumpah, serem banget. Dan setelah gue selidiki selama beberapa menit ternyata yang bunyinya nyeremin itu adalah suara saluran pembuangan air kamar mandi-_______- gila kan ? sumpah awalnya gue kira itu efek suara hantu atau sejenisnya tapi ternyata itu cuma suara pipa pembuangan air kamar mandi. Hampir aja gue mau loncat terus ngacir keluar kamar mandi kalau memang itu beneran suara setan. Untungnya iman gue kuat buat menyelidiki hal itu lebih lanjut.
Setelah gue, si Ratna juga mandi. Nah gue sama Pramesti belum cerita nih tentang suara pipa pembuangan air kamar mandi itu ke Ratna. Gue kira dia juga bakalan shock dengan suara itu. Tapi ternyata tebakan kita meleset. Dia kalem-kalem aja tuh keluar dari kamar mandi. Sial, cuma gue sama Pramesti aja yang kena tipu pipa sialan itu.
Kita selesai siap-siap buat sembahyang sekitar jam sembilan malem. Harusnya hari itu gue keramas tapi karena waktu dan kondisi yang tidak memungkinkan, gue tunda dulu proses mengeramasi rambutnya. Setelah kegiatan persembahyangan, gue dan semua temen-temen cewek di kelas pada ganti baju. Rata-rata dari kami pada pake celana pendek sama baju kaos. Tapi gapapa sih orang cantik bukan dinilai dari pakaiannya bukan ? ehem. Oke, sehabis ganti baju kita semua pada pergi keluar buat maen bareng temen-temen cowok. Pas itu tuh hal yang gue lakuin cuma mondar-mandir gajelas, cekikian bareng sama foto-foto. Itu doang. Tapi waktu yang kita habisin hampir 3 jam. Maklumlah ababil. Setelah gue bareng temen-temen puas maen bareng, kita semua balik ke penginapan. Disana yang nginep bukan cuma gue tapi juga ada anak kelas sebelah dan beberapa guru. Nah pas gue pulang tuh, anak-anak kelas sebelah pada main kartu. Dan temen-temen gue pun ngajakin buat maen kartu juga. Nggak kreatif banget sih niru-niru :D
Saat itu, temen-temen gue yang cowok juga pada ikutan maen. Bahkan bukan cuma temen, guru gue aja ikutan maen. Sumpah itu pertama kalinya gue maen bareng guru. Ini hal yang nggak biasa buat gue. Di skolah nih ya tu guru memang asik tapi kalo dia udah pasang tampang nggak enak semua murid bisa pucat pasi mukanya. Habisnya kalo mukanya tegang dia pasti nyuruh muridnya buat maju ke depan ngerjain soal. Harus diurut menurut urutan bangku pula. Yang dapet gampang mah enak, lah kalo yang dapet soal susah itu mesti setengah mampus nyari jawaban supaya tuh bapak nggak sampe marah. Oke lupakan soal kebiasaan buruk guru gue.
Kurang lebih jam 1 pagi, gue bareng temen-temen masuk kandang masing-masing buat tidur. Tapi semua diluar rencana. Semua temen-temen gue minta tidur sekamar. Alasannya itu ya karena takut. Apalagi coba ? Namanya juga cewek ya begini nih. Alhasil bukannya tidur gue malah ngerumpi. Sumpah orang-orang tuh udah pada tidur tapi kita semua pada ketawa keras banget. Mana yang di pake kamar gue pula. Dan sialnya karena jumlah personil 8 orang, yang tidur di tempat tidur cuma 4 orang, sisanya ya gelar selimut di bawah. Sial yang kesekian kali, yang mesti tidur di bawah itu gue. Iya gue, si empunya kamar. Ajaib kan ? Gue, Pramesti, Ratna sama Vika yang tidur dibawah. Mana diatas kepala gue itu kaki mereka yang diatas lagi-_-
Jam 2 semua temen gue udah pada tidur kecuali Vika. Untuk itu gue ngobrol bareng dia. Nah pas gue sama Vika ketawa eh tiba-tiba Vira marah-marah.
“Kalian bisa diem nggak sih ? Orang tidur kok malah ribut!” bentaknya.
Sumpah gue shock dengernya. Yaudah deh gue tutup mulut. Karena belum juga bisa tidur, gue pun keluar dari kamar. Ada sih Nindy sama Saras, mereka juga nggak bisa tidur. Untuk itu gue keluar penginapan, jalan-jalan keluar. Tapi baru jalan beberapa langkah gue ketemu sama salah satu guru gue. Nah gue disuruh balik. Batal deh acara jalan-jalan subuh gue.
Entah karena capek atau apa. Akhirnya jam 3 gue tidur. Dan waktu tidur gue cuma satu jam. Alarm hp gue idupin biar gue nggak ketinggalan bus nantinya. Alhasil bangun-bangn mata gue sembab. Nyaingin mata panda SBY ceritanya. Selain itu, hal yang jadi penemuan gue saat baru bangun adalah, Pramesti meluk gue. Dia jadiin gue guling. Iya guling-__- Dia bilang dia kagak ada guling nah yang ada gue, jadi gue deh yang dipeluk-,-
Tepat jam 4 semua pada balik ke kamar masing-masing buat prepare mau balik ke Bali. Pas itu karena waktu dan keadaan yang kurang mendukung. Gue, Pramesti dan Ratna mutusin buat mandi bareng *ups sorry ngebocorin rahasia, but itulah gue. Blak-blakan. Tapi setidaknya masih mending mandi bareng dong daripada nggak mandi ? Habis mandi kita sembahyang bersama lagi terus balik ke Bali. Sumpah pas penyebrangan kepala gue pusing banget. Jujur, saat itu gue pengen muntah. Mabok laut kali yah.
Sekitar 45 menit kemudian, kira-kira jam 1-an gue udah tiba di pelabuhan Gilimanuk. Sumpah seneng banget. Gue udah nggak tahan, ciyus deh. Pengen muntah. Oh iya, gue lupa cerita. Sebelum nyebrang nih rombongan mampir dulu ke Pasir Putih. Yang gue inget cuma nama itu. Disana gue makan bareng temen-temen yang lain. Makanyan diatas laut man, diatas laut. Asli itu asik banget. Rada kampungan yaa, tapi bodo amat sih pede lebih baik.
Setelah penyebrangan gue dan rombongan kembali naik bus dan kompaknya kita semua pada tidur di bus. Serempak. Entah bagaimana muka kita saat itu. Tapi semua pada tidur, bodo amat sama penampilan. Sekitar jam stengah 8 malem gue nyampe di SMP gue tercinta. Capek tapi seru banggeeeettttttt. INI BAKAL JADI PENGALAMAN GUE BARENG TEMEN SMP YANG PALING GUE INGET.
Nah setelah pengalaman gue ke Semeru gue certain panjang lebar, gue bakal lanjut ke cerita cue yang satu lagi. Cerita ini nih pengalaman gue bareng temen-temen SMP pas kelas 9 semester akhir (kalo nggak salah ya..)
Waktu itu tuh temen-temen ada yang berencana buat bikin buku tahunan untuk angkatan gue. Nah untuk ngisi buku tahunan itu, kan kita mesti bikin foto tuh. Disitulah cerita ini berawal. Hari itu hari libur sekolah. Gue dan temen-temen sekelas berencana buat foto bareng di daerah Bukit Campuhan, Ubud. Kata salah satu temen gue sih disana bagus. Yaudah kita semua mutusin buat foto bareng disana. Teme fotonya itu putih-biru. Nah banyak anak-anak kelas gue yang rela beli baju baru Cuma buat foto ini aja. Termasuk gue sih. Nah hari itu kita semua janjian ngumpl jam 3 sore di sekolah. Gue dijemput Rina. Karena Rinanya ngejemput kecepetan, gue sama dia sempet ngedate bareng di warung mie ayam, nggak jauh dari sekolah. Gue sih Cuma nemenin doang, dia yang makan. Setelah waktu menunjukkan jam stengah 3 gue langsung capcus ke sekolah. Pas gue nyampe sekolah temen-temen udah pada ngumpul. Iya sih belum semua. Disana rata-rata pada pake baju putih.
Sekitar kurang lebih jam 3 lewat 15 menit, ngaret sedikit. Bus yang bakal nganter gue dan temen-temen dateng. Semua property foto sudah siap. Gue bareng temen-temen langsung naik ke bus. Nah si Rina nih masih diem di depan sekolah nengok-nengok ke jalan. Gue kira ngapain, eh ternyata dia nungguin salah ssatu temen gue yang kebetulan jadi pantia. Nyebelin nggak sih panitia telat-_- Oke sekitar jam 3.45 gue baru berangkat. Gila ngaret 45 menit man-,-
Dalam perjalanan gue menuju lokasi foto, seperti biasa kita semua pada ribut. Itu mah udah hal yang lumrah ya. Nggak di sekolah, dirumah, dimana pun deh pokoknya kelas gue tuh yang paling gokil deh, serius. Sampe tiba-tiba di radio bus mengalun lagu Permintaan Hati – Letto. Nah disana tuh kita pada nyanyi bareng. Sumpah gue rasa ini untuk pertama kali kita kayak gini. Pasalnya biasanya kita tuh pergi bareng Cuma pas acara sekolah. Nggak pernah buat yang laen-laen. Tapi hari itu, acara ini Cuma kelas gue yang pergi. Semua jadi satu dalam satu bus.
Sesampainya gue di daerah Bukit Campuhan, kita semua pada turun dari bus. Gue kira tempat fotonya nggak jauh-jauh amat. Eh tau-taunya kita mesti jalan lagi kurang lebih 3 sapi 4 kilometer. Sumpah pegel. Tapi gapapa sih kan gue rame-ramre bareng temen-temen. Disana tuh suasananya klasik. Cuma ada rumput ilalang sih tapi asli, cantik banget. Setelah jalan cukup jauh dan nemuin tempat yang menurut kita pas buat fotoan. Kita semua pada pose deh. Fotografernya juga udah siap mental buat ngeliat tingkah kita yang uuhhh kalo udah ketemu kamera tuh ya pasti narsis abis.
Setelah kurang lebih 2 jam disana, gue dan rombongan balik ke sekolah. Awalnya kita berniat buat makan bareng dulu tapi banyak yang pengen langsung pulang. Okedeh kita langsung pulang. Di bus juga kita sempet foto tapi lupa mintanya jadi yaudah deh nggak bisa gue pajang. Nah pas pulang, lagi-lagi nih lagu Permintaan Hati miliknya Letto muncul tiba-tiba. Dan seperti sebelumnya, kita kompakan nyanyi. Dan saat itu gue mikir kalo hari itu adalah hari terakhir kita pergi bareng temen-temen sekelas. Disana gue mulai nginget-nginget lagi ke masa lampau. Semacam flashback dadakan gitu. Banyak hal yang gue dapet dari temen-temen dikelas. Mereka semua ngajarin gue gimana caranya lebih menghargai orang lain, menghargai privasi mereka. Mereka juga ngajarin gue bahwa nggak semua hal bisa dinilai dengan uang, nggak semua orang bisa dinilai dari tampilan luarnya. Mereka bisa mengerti gue, mereka mau nerima gue dan segala kekurangan yang ada di diri gue. Saat itu jug ague baru sadar kalo sebenernya gue sayang sama mereka. Nggak cewek, nggak cowok semuanya sama. Selama 3 taun gue bareng mereka, gue berbagi bareng mereka. Mereka yang selalu ada buat gue. Tempat gue curhat, berbagi makanan, jawaban, bahkan berbagi tangis pun mereka bersedia. Itulah temen-temen SMP gue. Sampe kapanpun gue nggak akan lupa sama mereka. Thanks for everythings guys ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar