Laman

Selasa, 10 September 2013

MASUK SMK

Hallo guys, lama yah gue nggak nge-post cerita lagi. Tapi kali ini berkat permintaan teman-teman dan beberapa senior gue disekolah ya akhirnya dengan susah payah gue muter otak buat mikirin topik apa yang bakal gue bahas. Dan yak akhirnya gue tetep nggak nemuin topik apa yang tepat (?) Berhubung ini sedikit terpaksa jadi mungkin bakal rada garing ya, dan buat kalian yang udah maksa gue udah puas ngebikin otak gue serasa seperti otak Patrick yang mest ngeluarin  bebau-an nggak jelas ? -_-Oke guys topik kali ini adalah SENIOR HIGH SCHOOL. Rada maksa memang tapi gue ngebuat ini cerita sesuai apa yang diminta para fans. Para followers atau apalah itu namanya. Seperti yang kalian tau gue udah lulus SMP dan sekarang gue udah masuk kelas XI tapi disini yang bakal gue certain adalah pengalaman gue pas awal-awal masuk SMK. Iya gue sekolah di SMK.


Kenapa ? ada yang aneh ? Biasa aja kale kalo ada murid SMK, SMK juga bisa ngelakuin yang anak SMA lakuin *demo*. Sip, pindah topik. Cerita ini gue awali sejak gue ikut Tes Potensi Akademik (TPA).Nggak ada yang special sih dari TPA. Justru gue ngerasa terpencil, karna nggak ada satupun dari mereka-mereka yang seruangan sama gue yang gue kenal (baca : Alone). Gue nggak punya temen (baca : jomblo) #SalahNalar. Kalo nggak salah gue ngejalanin TPA selama 3 hari, dan yang bikin BETE itu gue dapet jadwal TPA siang. Bayangin aja itu tuh harusnya jam gue buat Sleeping Beauty, menjaga kecantikan luar dalam eh ini malah disuruh ke (calon) sekolah panas-panas pula. Amazing. Jam-jam penuh rasa kantuk pun mulai membantai gue ketika soal-soal semacam fisika dan matematika datang. Dengan Pede-nya gue ngejawab butir-butir soal penuh makna itu dengan sepenuh hati. Dengan “ikhlas” juga, ikhlas dalam tanda kutip lebih mirip “Pasrah”. Sebodo teuing lah mau bener atau nggak yang penting gue jawab dan bisa pulang secepatnya. Dan gue paling shock pas gue ketemu soal IPA. Matematika mah masih bisa gue lewati dengan semangat perjuangan 1945 tapi ini, mati kutu gue. Masalahnya butir soalnya itu lebih nyambung ke IPU (UMUM) dan juga nyambung ke jurusan yang gue pilih. Kebetulan gue milih RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) itu kalo bahasa sederhananya programmer. Nggak tau programmer ? Ambil air terus siram diri lo sana! Gaul dikit man, udah hampir 2014 ini. Balik ke TPA. Gue rada bengong indah gimana gitu ngeliat soalnya, untung aja nggak sampe ilernya keluar kekekeke :D Tapi akhirnya semua terlewati dengan cara yang nggak beda jauh dari sebelumnya. MENGARANG INDAH. Hari-hari gue pun berjalan normal setelah 3 hari berpusing-pusing ria.Hari demi hari berlalu *ciah drama*, sampe akhirnya detik-detik pengumuman penerimaan siswa baru datang. Pas itu gue lagi di Jakarta *sombong dikit gapapa kan ?* buat ngejalanin sebuah misi yang dihadiahin Paman gue. Dan yak di sono kagak ada koneksi bung, gue pun jumpalitan mikirin cara supaya bisa tau hasilnya tanpa adanya koneksi internet. Sekali lagi otak gue bekerja dengan sisa-sisa tenaganya dan akhirnya gue ketemu ide brilian untuk minta tolong ke temen gue buat ngeliatin nomor pendaftaran gue. Dan setelah melalui proses yang lumayan lama sampailah akhirnya gue pada detik-detik penerimaan PESAN SINGKAT yang bertuliskan “SELAMAT, ANDA LULUS” *oke ini lebay tapi intinya begitu* dan gue langsung sms bapak buat daftar ulang. Ternyata sama pihak sekolah nggak diijinin, jadi 2 hari setelah hari itu gue balik ke Bali. Hari itu gue tidur jam 2 subuh dan bangun jam 3 subuh, gile aje tidur malam gue semacam tidur siang. Bangun tidur kuterus mandi tidak lupa menggosok gigi #selingan. Jam stengah 4 pagi gue berangkat dari rumah paman ke Soetta, jam 9 gue sampe di kampun tercintah. Tanpa basa-basi gue langsung pulang dan siap-siap buat daftar ulang. Detik demi detik berlalu sampai akhirnya selesai juga proses pendaftaran ulang gue. Rada ribet memang, tapi yaudah lah mumpung keterima juga.Waktu terus berjalan sampai akhirnya gue masuk hari PRAMOS. Hari itu semua calon siswa baru harus ngikutin pelatihan awal sebelum ikut MOS. Gue rasa kalian udah pada tau ya ngapain aja pas PRAMOS. Jadi nggak perlu gue jelasin. Eneg juga gue ngetik ini cerita lama-lama ._. Setelah itu hari berikutnya selama seminggu gue ngikutin yang namanya Masa Orientasi Siswa. Waktu itu sempet yang namanya gue ngerasain pegelnya duduk berjam-jam. Gile aje gue duduk dari jam 7 pagi sampai jam 2 sore man. Elu bayangin dah tu pegelnya kayak gimana. Biarpun cuma duduk dan denger ceramah, tapi itu nyiksanyaaaaaa, ampun deh cyiiiiinnnnn. Mana ceramahnya ngebosenin lagi, hufffttt. Setelah itu gue dan temen-temen seangkatan digegerkan dengan pernyataan “SISWA KELAS X DIWAJIBKAN MENGIKUTI EKSTRA PRAMUKA TANPA TERKECUALI” kampret. Pikiran gue langsung melayang ke jaman SD dimana dengan girangnya gue nepok-nepokin tangan sambil nyanyi-nyanyi. Kalo udah gede gini mah ogah. Biar kata pramuka memberntuk kedisiplinan, entah kenapa gue males diwajibin ikut yang beginian. (Maaf yeee buat temen-temen di pramuka yang baca cerita ini, bukannya ngeremehin tapi ini pendapat tjoy).Oke cerita MOS berlanjut ke hari terakhir. Di hari terakhir tepatnya hari Jumat (tanggalnya gue lupa), sekolah ngadain acara tracking ke daerah Bedugul. Awalnya sih seneng tapi begitu denger desas-desus kalo kita bakal pergi naik truk, hahahaha. Kemudian pas hari H bener aja pas gue dateng eh ada barisan truk yang juga ikutan MOS di protokol sekolah. Yaudah sih gue mah oke-oke aja. Dan yak ketika berangkat truk gue riuh dengan suara-suara para cewek yang kejepitlah, kakinya keinjek lah atau apa. Xixixi lucu juga sih.
Lanjut, pagi itu lumayan cerah. Itu tandanya langit mengizinkan kita semua (Peserta MOS) buat ngikutin yang namanya OUTBOND *kata banyak orang*. Kegiatan awal mah biasa ya absensi, kemudian kita doa bareng lalu berangkat menuju kendaraan masing-masing. (Buat kalian readers, nyadar nggak kalo gue pake alur bolak-balik ? Tadi ceritanya udah sampai gue berangkat bray, tapi gue balik lagi ke awal sebelum berangkat. Pada nggak nyadar ya ? Jamban sono~ *canda bro*). Setelah lumayan lama di perjalanan penuh dengan tikungan, akhirnya kita semua sampai tempat tujuan dengan selamat, sentausa dan sejahtera. Kemudian kita semua kumpul di suatu lapangan yang cukup luas untuk ngedengerin pengarahan bentar. Selepas pengarahan kita langsung cus. Udara disana asik banget, adem. Cocok buat pacara *huffftt, plak* -_-“Lumayan jauh sih kita jalan di jalanan yang lumayan datar. Perlahan kita mulai nemuin yang namanya tanjakan, turunan dan tikungan. Setelah tanjakan, tikungan dan turunan kami *cieelah nggak enak banget* (kita maksudnya) harus melewati yang namanya jalan setapak. Tau kan jalan setapak ? itu yang ukurannya cuma muat buat satu orang. So, tau kan kita mesti baris dengan rapi. Lah ini MOS, pikir aja mesti ngabisin waktu berapa lama untuk jalan sementara peserta MOS hampir 700 orang ? Usut punya usut ternyata yang ngebikin barisan makin lama terhenti adalah adanya tanjakan yang bener-bener nanjak yang harus kita lewatin. Itu sudut kemiringannya gue rasa hampir 90 derajat *halah*. Kemudian dengan sekuat tenaga gue naik itu tanjakan *entahlah itu bisa disebut tanjakan atau bukan*. Tapi hampir mirip manjat sih :D Gue dibantu beberapa temen seangkatan yang menjadi sukarelawan. Kemudian setelah tanjakan tajam, gue mesti bejibaku lagi sama yang namanya duri. Gilak man, itu tempat penuh semak-semak nggak jelas. Mana durinya banyak pula. Makin jengkel aja gue._. Tapi lumayan seru sih. Akhirnya setelah melewati medan perang gue sampai pada tujuan akhir. Pura. Iya sebuah Pura.
Singkat cerita kita sudah melewati masa MOS dan sudah mulai memasuki hari-hari membosankan yang biasa disebut dengan BELAJAR. Sejak hari petama gue udah lumayan akrab sama temen-temen sekelas. MOS SMK kali ini jauh lebih enjoy ketimbang waktu SMP dulu. Gue lebih gampang dapet temen disini. Kita juga saling terbuka, jadi nggak terlalu lama butuh waktu buat adaptasi. Perlu gue ceritain ? NGGAK DEH YA, GUE CAPEK MESTI FLASHBACK KE MASA LALU. GUE MAU MOVE ON! DI POSTINGAN SELANJUTNYA NANTI BARU GUE BAKAL BAHAS TENTANG BEBERAPA TEMEN GUE, OK ? THANKS, JANGAN BOSAN YA BACA TULISAN GUE^^ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar