Laman

Kamis, 02 Mei 2013

Orang Tua


Hai semua, sorry nih gue baru sempet ngepos cerita lagi. Gue kelewat sibuk akhir-akhir ini. Untuk cerita-cerita sebelumnya mungkin gue nyeritain hal lucu, lawakan (yang rada garing) atau apapun yang yah mungkin sedikit ngebuat elo-elo pada jadi ngakak *mungkin. Tapi kali ini yang gue pasang tuh yaaa bisa dibilang cukup menyedihkan (bagi gue sih). Langsung aja ya, gue lagi nggak mood ngelawak nih.
Akhir-akhir ini gue sibuk kegiatan sekolah nih, bahkan sampe pulang malem. Dan jujur gara-gara itu gue kehilangan kepercayaan dari orang tua gue. Kalian tau, rasanya nggak dipercaya sama keluarga sendiri itu nyesek banget. Setiap kali gue pulang lewat dari jam 5 sore pasti deh gue di telfonin, dan begitu gue sampe rumah yang gue dapet selalu gertakan-gertakan, ketidakpedulian dan apalah itu yang bener-bener bikin gue males di rumah. Kadang gue iri sama temen-temen yang dibebasin buat keluar. Tapi kadang ada kebanggaan tersendiri buat gue karna gue ngerasa diperhatiin orang tua. Tapi gue lebih sering ngerasa kalo mereka kurang ngerti posisi gue. Di sekolah gue cukup punya tanggung jawab gede yang harus gue jalanin. Gue bingung harus gimana. Gue nggak enak kalo sering nggak ikut kegiatan sekolah sementara orang tua gue nggak ngerti gimana tanggung jawab yang gue bawa.

Sekarang umur gue 16 tahun menuju 17 tahun. Gue udah ngerasa cukup dewasa dan ngerasa bisa ngebedain mana yang boleh gue lakuin dan mana yang bener-bener nggak boleh gue lakuin. Dan menurut gue sah-sah aja kalo gue ikut kegiatan sekolah selama itu positif. Tapi kedua orang tua gue nggak pernah tau gimana giatnya gue nyari pengalaman di luar rumah. Mereka cuma tau gue jarang dirumah dan sering pulang malem. Dan gue yakin mereka nggak tau kalo sebenernya gue sering nangis diem-diem kalo udah bener-bener mumet. Gue udah berusaha banget jadi anak yang baik buat mereka, tapi mungkin bagi mereka itu aja nggak cukup. Apapun yang mereka bilang gue berusaha nggak membantah. Gue selalu berusaha nurut. Bahkan untuk memilih sekolahpun mereka yang nentuin. Gue cuma boleh ngeluarin ide yang ujung-ujungnya bakal sia-sia. Jadi yaudah gue nurut-nurut aja.
Bagi gue saat ini cuma sekolah tempat yang menyenangkan. Di rumah mungkin juga menyenangkan tapi cerita harunya justru lebih banyak. Di sekolah gue bisa ketemu temen-temen dan kakak-kakak senior yang udah gue anggap seperti kakak sendiri. Kadang gue berharap beneran punya kakak, tapi sayangnya gue anak pertama jadi gue nggak punya kakak. Bahkan kakak sepupu pun gue nggak punya. Rata-rata sepupu gue seumuran adik gue yang masih kelas 4 SD. Dan itu sangat tidak membantu. Untuk itu gue suka nyari kesibukan di sekolah.
Dulu, gue anak kesayangan. Tapi beberapa tahun belakangan itu udah nggak berlaku lagi. Bukannya gue gimana-gimana tapi untuk saat-saat ini gue iri sama adik gue. Dia yang berjenis kelamin laki-laki justru dimanjain sama kedua orangtua gue. Dulu waktu gue seumuran dia nggak ada lagi yang namanya ditemenin, dianter, dimandiin atau apalah itu. Tapi dia yang seharusnya lebih mandiri justru kebalik. Dia manja banget. Sementara gue apa-apa serba sendiri. Bahkan untuk ngeraih rangking gue belajar mati-matian. Nggak pernah ada yang ngajarin gue hal-hal yang gue anggap sulit (dulu). Gue mandiri banget. Belajar apa-apa serba nyoba sendiri, sekalipun gue nanya respon orang tua gue nggak seperti ke adik gue sekarang. Untuk itu gue selalu ngerjain apa-apa sendiri kecuali hal-hal yang berbau seni. Tapi sekarang adik gue apa-apa tuh serba diajarin. Bahkan pelajaran yang materinya terpampang nyata di buku pun dia tanyain ke orang tua gue dan orang tua gue antusias buat ngajarin. Apa menurut kalian itu adil ? Dulu gue nggak pernah yang namanya nyuruh ibu buat ngerjain PR. Tapi sekarang adik gue sering banget PR-nya dibuatin, bahkan ditulisin ibu gue. Beruntung banget kan dia ? Dulu nih waktu SD kan gue jadi salah satu murid teladan yang ngewakilin sekolah gue (maaf, bukan bermaksud sombong). Dari babak penyisihan gue mati-matian belajar supaya gue bisa lolos. Dari yang awalnya gue nggak ngerti apa-apa sama sekali sampe akhirnya gue bisa masuk rangking 9 kategori putri tingkat kecamatan. Emang nggak tinggi-tinggi banget sih tapi menurut gue itu udah tinggi banget karna sebenernya saat itu gue belum ngerti apa yang guru gue ajarin. Sebegitunya gue berjuang supaya bisa bikinorang tua gue bangga. Awalnya mereka mungkin bangga tapi gatau sekarang. Sampe sekarang gue SMK pun gue berusaha meraih rangking 5 besar lagi dan semester lalu berhasil gue wujudin. Gue berterimakasih banget sama Tuhan karna Tuhan udah ngasih gue kesempatan buat bisa sedikit ngebuat  orang tua gue bangga.
Untuk sekarang-sekarang ini gue cuma pengen kepercayaan orang tua gue balik, cuma itu yang gue minta dari Tuhan. Setelah itu gue berharap bisa ngebuat mereka bangga. Mungkin semua yang gue lakuin selama ini tuh salah buat mereka, tapi gue harap suatu saat mereka bisa ngerti kalo saat ini yang gue lakuin adalah berusaha bikin mereka bangga.

Maaf ya kalo yang gue certain tuh rada sedih, gue cuma lagi mumet banget. Terimakasih Ida Sang Hyang Widhi Wasa J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar